by

Jam 10 Malam Efektif Memulai Tidur

WARTASULSEL. NET,  – Umumnya, orang dewasa hanya mempunyai kesempatan di malam hari untuk tidur. Maka dari itu, sebaiknya kamu jangan menyia-nyiakan kesempatan tidur ini girl. Karena seperti yang telah kita tahu, bahwa kurang tidur dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan dan juga emosional.

Tapi tahukah kamu ladies, kapan sebaiknya tidur saat malam hari? Banyak ahli kesehatan dan juga ilmuwan menyarankan orang dewasa untuk tidur 8 sampai 9 jam per malam. Dengan kata lain, paling lambat kamu harus tidur jam 10 malam tepat.

Kebanyakan para peneliti kesehatan setuju jika begadang tidak ada manfaatnya. Dan kenapa setiap orang membutuhkan tidur yang cukup? Karena hal ini banyak mempengaruhi terhadap kinerja optimal tubuh bahkan bisa menentukan apakah kamu akan bahagia, awet muda dan juga panjang umur, atau malah sebaliknya.

Secara umum, tubuh sendiri telah memberi sinyal untuk segera tidur setelah matahari terbenam atau saat keadaan sekitar menjadi gelap. Setelah jam 9 malam, temperatur pada tubuh dan kadar kortisol juga akan menurun.

Lalu bagaimana bila kamu sudah merasa ngantuk sebelum jam 9 malam? Hal itu tidak masalah, langsung saja tidur. Ini merupakan sinyal alami dari tubuh, justru ini akan lebih baik jika kamu langsung tidur saat memang sudah sangat mengantuk. Menahannya justru malah tidak baik.

Dan ini adalah waktu yang tepat untuk istirahat dan tidur. Hormon kortisol merupakan hormon stres yang jika dibiarkan saja akan menumpuk dalam tubuh, dan cara terbaik untuk mengurangi kadarnya adalah dengan tidur.

Itu tadi waktu yang tepat untuk tidur di malam hari. Tidak tidur hanya akan membuatmu semakin stres pada esok harinya. Jadi, sekarang ladies sudah tahu kan jam berapa seharusnya kamu tidur setiap harinya. Yuk, mulai sekarang lebih teratur lagi untuk mengatur jam tidur malammu.(wartakesehatan/red ws)