Dispar Makassar Berdayakan Masyarakat Lorong Wisata Melalui Pelatihan Handycraft

Sosbud10 views

Wartasulsel.net, Makassar- Dinas Pariwisata Makassar fasilitasi pengembangan kompetensi sumber daya manusia ekonomi kreatif melalui pelatihan handycraft yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh warga kelurahan Tamalanrea, Panakkukang dan Biringkanaya berjumlah 50 orang, Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas, Mohammad Roem dan Sekertaris, Hj. Irma Awalia dan narasumber kegiatan, Encik Osly beserta tim.

Daeng Manye

Dinas Pariwisata Kota Makassar mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di sektor ekonomi kreatif dengan menggelar pelatihan handycraft. Pelatihan ini diadakan untuk membekali para pelaku ekonomi kreatif dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka dan diimplementasikan ke lorong wisata di wilayah masing-masing.

Koordinator Kegiatan, Ana Dwi Agustin, S.STP., MSi., menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Makassar. “Kami menyadari bahwa sektor ekonomi kreatif memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan perekonomian daerah. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan,” ujarnya.

Pelatihan handycraft ini merupakan salah satu dari sekian banyak program yang dilaksanakan oleh Dispar Makassar untuk mengembangkan SDM ekonomi kreatif di Kota Makassar. Diharapkan dengan berbagai program ini, ekonomi kreatif di Kota Makassar dapat terus berkembang dan menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar bagi perekonomian daerah.

Dalam pelatihan ini, para peserta juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para ahli dan praktisi di bidang handycraft. Mereka mendapatkan bimbingan dan konsultasi mengenai berbagai aspek teknis dan bisnis yang berkaitan dengan industri kerajinan tangan, jelasnya.

Dinas Pariwisata Makassar berencana untuk terus menyelenggarakan program-program pelatihan serupa di masa mendatang sebagai bagian dari upaya jangka panjang untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di kota ini. Dukungan yang berkelanjutan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta meningkatkan daya saing Makassar sebagai pusat ekonomi kreatif di Indonesia, pungkasnya.

“Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang ekonomi kreatif. Berbagai program pelatihan dan pembinaan akan terus dilaksanakan untuk membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Makassar agar dapat berkembang dan maju”, harapnya.

(Rafi)

Leave a Reply