Optimalkan Penerimaan PBB, Bapenda Gandeng Bank Sulselbar Terapkan Payment Online

Pemerintahan14 views

Wartasulsel.net,_|| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar terus melakukan inovasi dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Takalar sebagai penanggung jawab sektor pendapatan, memiliki inovasi dalam hal optimalisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Daeng Manye

Kepala Bapenda Takalar, Rusdi menerangkan bahwa pihaknya telah memiliki aplikasi dalam mengoptimalkan penerimaan daerah.

“Kita sudah punya aplikasi bernama Parenta atau Pajak Terintegrasi Online Takalar. Ini yang kita maksimalkan penerapannya.”ungkap Rusdi, Senin 8 Juli 2024.

Sebagai bentuk keseriusan, Bapenda kata Rusdi telah melakukan sosialisasi Payment Online atau pembayaran online kepada seluruh pimpinan wilayah beserta para staf pengelola dan kolektor PBB P2.

“Kami telah sosialisasikan teknisnya. Teknis pembayaran online-nya termasuk penggunaan aplikasi Parenta. Secara perlahan, kita akan mengarahkan para stake holder pendapatan untuk beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi.”tambah Rusdi.

Dalam sosialisasi yang digelar di setiap kecamatan, Bapenda juga menghadirkan pihak Bank Sulselbar untuk memberikan edukasi tentang tata cara pembayaran non tunai.

“Agar lebih efektif dan mudah dipahami oleh para kolektor, sosialisasi telah dilaksanakan di tiap kecamatan. Kita juga hadirkan pihak Bank Sulselbar untuk memberikan edukasi mengenai pembayaran pajak secara non tunai.”pungkas Rusdi.

Setelah sosialisasi ini, Bapenda berharap melalui pembayaran online PBB P2, penerimaan lebih optimal dan terintegrasi.(Mansyur/Hms)

Leave a Reply