Pendaki Cedera di Pos 9 Gunung Bawakaraeng, Basarnas Lakukan Evakuasi

Peristiwa10 views

Wartasulsel.net, Gowa- Seorang pendaki dilaporkan mengalami cedera pada kaki kanannya saat melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, pada Kamis (23/5/2024) malam.

Pendaki yang diketahui bernama Elisa (23) itu mendaki bersama 9 rekan lainnya menuju puncak Gunung Bawakaraeng. Namun di Pos 9, korban terkilir kaki kanannya dan menyebabkan kesulitan untuk berjalan.

Daeng Manye

Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar mengaku langsung mengerahkan personelnya untuk membantu evakuasi.

“Kami terima info adanya pendaki yang mengalami kendala di Gunung Bawakaraeng dan langsung mengerahkan 1 tim menuju ke lokasi untuk membantu evakuasi,” jelas Mexianus.

Lebih lanjut, Mexianus menjelaskan bahwa Basarnas bersama Potensi Sar yang tiba di kaki gunung langsung berkoordinasi dan segera menuju ke Pos 9 untuk mengevakuasi korban.

“Semalam Tim tiba di kaki Gunung Bawakaraeng dan langsung mengevakuasi korban lewat jalur Bulu Balea dari Pos 9,” terangnya.

Proses evakuasi berlangsung hingga menjelang pagi dengan membawa korban tiba di kaki gunung Bawakaraeng untuk mendapatkan perawatan.

“Tim Sar Gabungan berhasil evakuasi korban dengan selamat tiba di kaki Gunung Bawakaraeng sekitar pukul 05.00 hari ini (24/5/2024) dan langsung diserahkan untuk mendapat perawatan,” imbuh Mexianus.

Atas kejadian itu, Mexianus mengimbau kepada para penghobi aktifitas alam bebas untuk tetap mengutamakan keselamatan sebelum merencanakan mendaki. Menurutnya, persiapan yang matang dan menyiapkan peralatan keselamatan harus dilakukan, utamanya menyangkut keselamatan.

“Kami harap para pendaki bisa betul -betul menyiapkan diri sebelum mendaki dan melakukan registrasi resmi di pos pendaftaran jalur pendakian agar jika mengalami kendala bisa menghubungi petugas untuk dibantu evakuasi,” tutup Mexianus.