Koalisi Jurnalis KJPP Demo Tolak Rancangan Undang-undang Penyiaran di Makassar.

Peristiwa11 views

Wartasulsel.net. Makassar- Aksi unjuk rasa damai yang dilakukan oleh puluhan jurnalis yang menamakan diri, Koalisi jurnalis peduli penyiaran, didepan gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. (22/5/2024).

Aksi yang terletak di jalan urip sumohardjo makassar, KJPP menilai R.U.U ini secara jelas akan mengancam kemerdakaan pers tanah air. Maka sudah jelas R.U.U penyiaran harus ditolak.

Daeng Manye

Didepan gedung DPRD Sulsel, gabungan puluhan jurnalis ini, menegaskan penolakan dan menyatakan sikap di sela-sela aksi.

Koordinator Aksi, Muhammad Idris, menyayangkan draft revisi undang-undang penyiaran versi rapat Baleg DPR RI, pada Maret 2024, karena memuat banyak pasal bermasalah.

Puluhan Jurnalis berharap DPRD Sulsel dapat menjembatani aksi penolakan RUU penyiaran ini, hingga sampai ke pusat,” tegas Idris.

Selain itu KJPP juga menolak hasil perekrutan komisioner di KPID Sulsel periode 2024-2027. Dimnaa Hasil perekrutan itu cukup bermasalah, Salah satunya, tidak diisi dari komisioner yang memiliki latar belakang penyiaran.

KJPP Juga menilai adanya indikasi pelanggaran administrasi, dalam proses perekrutan komisioner KPI Daerah Sulawesi Selatan, dengan tidak melihat latar belakang penyiaran dan bahkan tidak menguasai bidang penyiaran.

Berikut poin utama pernyataan sikap KJPP dalam aksinya, yakni menolak hasil seleksi komisioner terpilih KPID Sulsel, Meminta Komisi A DPRD Sulsel, melakukan Fit and Proper Tes atau uji kelayakan dan kepatutan pada 21 peserta, secara terbuka dan disiarkan langsung ke publik.

Diwartakan, KJPP adalah gabungan dari asosiasi jurnalis seeprti A.J.I, I.J.T.I, pewarta foto, P.J.I, R.J.P, dan komunitas Ruang Jurnalis Perempuan (RJP).

Demikian kami wartakan, Rudy Gemulia, dari Makassar, sulawesi selatan, melaporkan.