Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban KM Yuiee Jaya 2 Terdampar di Pantai Kayuadi Selayar

Peristiwa19 views

Wartasulsel.net, Makassar Memasuki hari kelima pencarian ABK KM Yuiee Jaya 2 yang terbalik di perairan Selayar, Tim SAR Gabungan kembali menemukan 1 orang korban terdampar di pantai Kayuadi Selayar, Sabtu (16/3/2024) pagi.

“Kami terima informasi dari Tim di lapangan bahwa telah ditemukan 1 orang ABK Yuiee Jaya 2 terdampar di Pantai Kayuadi dalam keadaan meninggal dunia dan langsung dievakuasi Tim Sar Gabungan,” ujar Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar.

Daeng Manye

Lebih lanjut Mexianus menerangkan bahwa Timnya telah berkoordinasi dengan Polsek dan melakukan identifikasi bersama dengan ABK yang selamat serta menghubungi istrinya untuk menentukan identitas korban.

“Jenazah korban kita lakukan identifikasi dengan melihat adanya tanda khusus di badan korban yang bisa dikenali oleh rekan ABKnya dan langsung melakukan kontak video bersama istri korban yang diyakini bahwa korban betul AIK,” terangnya.

Saat ini korban sudah dimakamkan oleh masyarakat di pulau Kayuadi Selayar dengan persetujuan dari pihak keluarga karena tidak memungkinkan untuk membawa jenazahnya kembali ke kampung halamannya.

“Korban yang ditemukan hari ini merupakan korban ke 15 dari 35 ABK Yuiee Jaya 2 yang sementara kita cari,” ungkap Mexianus.

Saat ini, menurut Mexianus, Tim Sar Gabungan masih terus melanjutkan proses pencarian terhadap 20 ABK Yuiee Jaya 2 dengan mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 dengan melibatkan 3 RIB (Rigid Inflatable Boat), perahu nelayan, dan bahkan sudah dibantu oleh TNI AU untuk melakukan pencarian melalui udara.

“Kita akan tetap fokus mengoptimalkan pencarian terhadap 20 korban lainnya dengan menyisir pulau-pulau sekitar, mudahan kita bisa menemukan segera korban lainnya,” harap Mexianus.

Adapun KM Yuiee Jaya 2 merupakan kapal pencari ikan dengan 35 ABK yang terbalik di perairan Selayar pada Sabtu (9/3/2024) dan baru diketahui pada Senin (11/3/2024) setelah seorang ABKnya ditemukan oleh nelayan setempat terdampar di pantai Kepulauan Selayar.