Sarjana Desa ITB Ahmad Dahlan Jakarta Kembangkan Produk Olahan Ikan Teri Di Desa Maccini Sombala

Wartasulsel.net,_|| Muhammad Yamin adalah salah satau Mahasiswa Program Sarjana Desa Jurusam Manajemen Pembangunan Desa.Dari hasil pengamatan yang selama ini menjadi perhatiannya adalah Nelayan penangkap ikan teri yang ada di desanya.

Ada beberapa poin penting yang menjadi pokok perhatiannya yaitu pada saat hasil tangkapan melimpah hasil tangkapan nelayan itu seakan tak ternilai , maka dari sinilah menjadi dasar untuk mengangkat judul untuk program proyek independen MBKM dengan tema “Strategi Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Penangkap Ikan Teri Melalui Diversifikasi Ekonomi”.

Daeng Manye

Maccini Sombala adalah sebuah desa di Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Desa Maccini Sombala yang sebelumnya berstatus sebagai desa persiapan beralih status menjadi desa definitif sejak 22 September 2022[1].

Desa Maccini Sombala merupakan hasil pemekaran sebagian wilayah dari Desa Bontosunggu, sesuai penjelasan pada Perda Kabupaten Takalar No. 7 Tahun 2022 dan Surat Dirjen Bina Pemdes No. 146/4441/BPD tertanggal 30 Agustus 2022. Secara geografis Desa Maccini Sombala yang masuk dalam wilayah Kecamatan Galesong Utara terletak di bagian selatan kabupaten Takalar yang berbatasan langsung dengan Kota Metropolitan Makassar dengan jarak ±20 km dari Kota Metropolitan Makassar. Keunggulan geografis ini menjadikan Takalar sebagai alternatif terbaik untuk investasi atau penanaman modal.

Masyarakat nelayan kami pada umumnya ketika hasil tangkapan itu melimpah dan harganya anjlok mereka hanya melakukan pengeringan secara tradisional saja. Padahal ada potensi besar untuk mengembangkan hasil tangkapan ikan teri ini dalam beberapa bentuk olahan makanan jadi dan frozen. Potensi keduanya adalah Wilayah Kecamatan Galesong Utara sekarang menjadi primadona dalam usaha wisata kuliner hasil laut.

Di Desa Maccini Sombala karena baru 1 Tahun menjadi desa definitif masih dalam proses pengembangan desa. Salah satu yang belum terbentuk adalah BUMDES dimana peran BUMDES ini bisa menjadi pioner dalam mengelola hasil pengilahan perikanan masyarakat.

Dari hasil Identifikasi Masalah yang ada di Nelayan Penangkap Ikan Teri Desa Maccini Sombala yang ada jad solusinya adalah

1. Pembentukan BUMDES,

2.Diversifikasi Produk Perikanan : Dengan Pengadaan storage penyimpanan ikan dan kegiatan pengolahan seperti pembuatan nugget ikan, bakso ikan, otak-otak ikan, dan sambal ikan dapat membantu dalam diversifikasi produk perikanan.

3.Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan:

4.Pemberdayaan Kelompok Nelayan Penangkap Ikan Teri

5.Melalui peningkatan produksi dan konsumsi produk olahan ikan, program ini dapat berkontribusi pada pemenuhan gizi masyarakat., terutama dalam hal pemenuhan gizi dan pencegahan stunting,

6.Dengan meningkatnya kegiatan ekonomi di sektor perikanan melalui BUMDES dan kelompok nelayan, diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Desa Maccini sombala.

Semoga dari kegiatan yang dilaksanakan bisa berkembang menjadi sentra usaha baru dan menjadi ikon Desa Maccini Sombala sehingga peningkatan kesejahteraan Masyarakat Nelayan bisa meningkat.

Muhammad Yamin
Nim 2161201741