Jaga Eksistensi Lagu Bugis – Makassar, Pemuda Gowa Ganjar Gelar Festival dan Lomba Lagu

Politik8 views

Wartasulsel.net- Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan – Di tengah kuatnya arus budaya luar masuk ke Indonesia, sekumpulan relawan Ganjar Pranowo, Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa terus berupaya untuk mempertahankan eksistensi budaya tersebut agar tidak dilupakan.

Salah satunya dengan melakukan Festival dan Lomba Lagu Bugis – Makassar di Jipang, Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (12/11).

Daeng Manye

Ichsan Daeng Bella, Korwil Pemuda dan Perempuan Gowa mengatakan langkah tersebut diupayakan pemuda Gowa sebagai sarana asah potensi serta apresiasi kepada sejumlah pemuda yang masih mempertahankan keberlangsungan kesenian khas Bugis-Makassar tersebut.

Bahkan, daerah Gowa sendiri kerap menghasilkan seniman yang kerap tampil di sejumlah acara regional bahkan internasional.

“Hobi, minat dan rata-rata masyarakat Kabupaten Gowa itu hobi bernyanyi, banyak penyanyi lokal maupun nasional yang berasal dari wilayah ini,” kata Ichsan.

Bagi pemuda, lanjut Ichsan ini merupakan wadah dalam menyalurkan minat dan bakat.

“Sejauh ini pemuda Gowa memang sudah meminati dan menikmati lagu Bugis, sehingga pengetahuan dan keinginan mereka untuk senantiasa melestarikan adat budaya dan kesenian khas bugis sangat kental,” jawab Ichsan.

Selanjutnya, Ichsan berupaya agar popularitas lagu Bugis melalui bisa meluas sampai di platform media sosial supaya eksistensi lagu bugis ini semakin meluas dikenal masyarakat.

Sementara, peserta yang telah mendaftar sebanyak puluhan peserta, Ichsan tidak menutup pendaftaran apabila ada peserta yang berminat ikut di tengah acara berlangsung.

Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan untuk melantunkan satu lagu wajib dan satu lagi pilihan, setelah itu panitia akan langsung menilai dan ada empat pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.

“Budaya bugis ini sangat penting di lestarikan karena ini merupakan ciri khas dari setiap daerah, kalau bukan kita siapa lagi yang akan terlibat untuk mewarisi dan melestarikan budaya bangsa,” pesannya. (*)

#PemudaGowaGanjar
#SukarelawanGanjar
#GanjarPranowo
#FestivalLaguDaerah