Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Ala Mak Ganjar Sulsel, Kepiting Disulap Jadi Produk Olahan Berkualitas

Ekonomi48 views

Wartasulsel.net ||Maros, Sulsel – Para mak-mak pendukung Ganjar Pranowo selalu punya cara mengembangkan potensi perempuan dalam penguatan ekonomi keluarga melalui berbagai inovasi.

Kini, Mak Ganjar Sulsel membekali puluhan ibu-ibu keterampilan mengolah salah satu komoditas hasil laut menjadi produk olahan abon di Desa Pabentengan, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/3).

Daeng Manye

Sekretaris Mak Ganjar Sulsel Aryanti Amran mengatakan pihaknya berkolaborasi bersama kelompok Sikuyu Balasa selaku UMKM budi daya dan pengolahan kepiting.

“Hari ini kami melakukan pelatihan pengolahan kepiting menjadi abon. Tujuannya supaya ibu-ibu bisa membantu (ekonomi) keluarga,” kata Aryanti di lokasi.

Adapun jenis kepiting yang digunakan pada kesempatan ini yakni rajungan atau portunus pelagicus.

Daging kepiting rajungan ini dipilih lantaran kaya akan manfaat dan nilai gizi yang tinggi seperti vitamin B12, yodium, protein, dan lainnya.

Program pemberdayaan perempuan ala Mak Ganjar Sulsel ini disambut antusias masyarakat, apalagi mereka dapat mencoba langsung cara mengolah kepiting rajungan menjadi produk olahan berkualitas.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan peran perempuan dalam berwirausaha sehingga berdampak pada ekonomi keluarga, ekonomi nasional serta mendorong tersedianya lapangan kerja untuk menyerap angkatan kerja.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini kedepannya ibu-ibu bisa menambah pendapatan dengan membuat abon kepiting,” jelas Aryanti.

Andriani (33) salah satu peserta pelatihan merasa senang bisa turut hadir dan mengetahui cara mengolah kepiting rajungan yang baik dan benar.

Dia pun mengaku terinspirasi akan membuat usaha industri rumahan pengolahan kepiting menjadi cemilan maupun makanan-makanan lainnya.

“Alhamdulillah dengan adanya acara ini kita bisa membantu buat usaha dan menambah pendapatan keluarga,” tegas Andriani. (*)