Atap Bangunan Warga Dan SD Inpres Jene’ Talasa Diterjang Angin Puting Beliung, Murid Diliburkan

Peristiwa77 views

Wartasulsel.net || Gowa- Puluhan Rumah Warga satu Sekolah Rusak Akibat Puting Beliung di Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) Angin puting beliung sukses porak porandakan atap rumah dan Sekolah Dasar Inpres Jene’ Talasa (SD).

Sore ini dikabarkan hujan deras terus-menerus disertai angin kencang menyebabkan sejumlah daerah di Kota maupun Kecamatan Gowa mengalami rusak berat.

Daeng Manye

Selain, hujan deras juga membawa angin puting beliung dan menghancurkan sejumlah rumah di Gowa dan beberapa atap ruangan bangunan sekolah dasar Inpres (SD) Jene’ Talasa Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.

Berdasarkan informasi Andi Citra Fatmala Wati seorang pedagang kecil yang sehari-hari berjualan berdekatan sekolah tempat tinggalnya, kerusakan di Perumahan Jene’ Talasa Kecamatan Palangga Gowa  anging kencang menghantam rumah warga, beberapa fasilitas sekolah mengalami kerusakan, dan beruntung insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa Rabu (04/01/2023) Siang.

Sebagian warga Kecamatan Palangga yang mendapatkan dampak paling parah dari sapuan angin puting beliung.

Hingga sampai saat ini rumah-rumah yang mengalami rusak parah belum mendapatkan pertolongan mereka masih siap siaga antisipasi angin kencang susulan. Warga yang rumahnya rusak parah tinggal sementara di rumah keluarganya dan sebagian mendirikan tenda-tenda darurat yang belum dapatkan bantuan. Sedangkan rumah warga yang mengalami rusak ringan, masih bisa ditempati dan warga masih melakukan aktivitas seperti biasanya.

Untuk menghindari angin kencang susulan warga, mendirikan tenda darurat serta menjauhi lokasi rumah mereka yang mengalami kerusakan. Selain itu pembersihan juga dilakukan pada puing-puing reruntuhan atap rumah.

Selain puluhan rumah warga yang tersapu angin kencang satu bangunan sekolah yang terkena imbas dari angin ini.

Menurut Andi Citra menyampaikan ada beberapa ruangan sekolah dan rumah warga  yang rusak akibat dampak terjangan angin puting beliung di Jene’ Talasa.

Total ada 10 rumah yang rusak pada terjangan angin beliung hari Rabu (04/01) dan ada 1 sekolah Dasar (SD) yang rusak.

Kebanyakan yang terdampak mengalami kerusakan di bagian atap dan ada beberapa ruangan sekolah yang mengalami jebol plafon.

“Kalau sekolah dalam kondisi rusak parah, proses kerjanya pasti membutuhkan waktu lama sedangkan atap rumah warga juga mengalami rusak berat dan perlu ada bantuan secepatnya dari para dermawan.

Anak-anak tidak sekolah untuk beberapa hari ini diliburkan hingga selesai perbaikan atap plafon bangunan sekolah ujarnya Andi Citra.

(RUD).