by

Bangun Pelayanan Prima Bidang Konstruksi, PT. Virama Karya (Persero) Gelar Pelatihan BIM

Wartasulsel.net || Makassar- PT. Virama Karya (Persero) Cabang Makassar gelar pelatihan Building Information Modelling (BIM) yang berlangsung di Hotel Remcy Makassar, (9/9/2022).

BIM merupakan seperangkat teknologi, proses kebijakan yang seluruh prosesnya berjalan secara terintegrasi dalam sebuah model digital, yang kemudian diterjemahkan sebagai
gambar 3 tiga dimensi. Teknologi tersebut juga merupakan proses dalam menghasilkan dan mengelola data suatu konstruksi selama siklus hidupnya.

Kepala Cabang Makassar PT. Virama Karya (Persero), Ir. Desianti Mahyuddin, ST. MT. mengatakan bahwa untuk mewujudkan infrastruktur handal diperlukan sumber daya manusia yang kompeten dan ahli pada bidang konstruksi. Oleh karena itu, guna menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan ahli pada bidang konstruksi, salah satunya perlu dilaksanakannya suatu program pelatihan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teman-teman di bidang konsultan, sesuai yang kami jalani ini sangat dibutuhkan dalam peningkatan ilmu pengetahuan.

Untuk saat ini baru pemahaman awal tentang BIM berikutnya akan ada tahap selanjutnya karena memang tidak mudah untuk diterapkan kepada teman-teman yang sudah tidak milenial lagi, apalagi kita dituntut dengan kebutuhan yang serba digitalisasi, ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Teknik Kantor Pusat, Ernawati, ST. MT. menjelaskan bahwa untuk kegiatan kita ini memang menjadi tuntutan aturan dari projek dimana setiap projek sekarang baik Manajer Konstruski, Supervisor maupun desain itu yang diminta oleh owner adalah BIM.

Dari kepala Cabang Makassar meminta untuk meningkatkan potensi personilnya karena memang banyak sekali projek di Kota Makassar yang sudah permintaan dari BIM. Sehingga semua tenaga ahli di undang yang diadakan secara online dan offline supaya ada peningkatan pemahaman BIM yang sama dan nantinya akan terus di tingkatkan lagi

“Setiap tahunnya ada updating terbaru dari BIM sehingga kita harus mereview dan mensosialisasikan kepada tim lapangan dan tim tenaga ahli seperti apa update terbarunya”, ungkapnya.

Lebih jauh lagi Ernawati mengatakan bahwa untuk itu dari Cabang Makassar yang didukung oleh Kantor Pusat untuk mencoba menselaraskan apa yang sudah ada.

“Dengan demikian diharapkan SDM yang bernaung di bawah Kementerian PUPR terutama
pada sektor konstruksi, mampu memberikan pelayanan yang prima terkait Perencanaan
Konstruksi dengan Sistem Teknologi Building Information Modeling (BIM)”.

Untuk di Kantor Pusat punya target pada tahun 2024 itu 4.0 sudah arahan dari pemegang saham kami itu dilevel 3.5, jadi salah satu kegiatan BIM ini digitalisasi yang evidence to support terhadap komitmen kita di perusahaan untuk semua dari proses bisnis dalam pekerjaan projek yang terdigitalisasi, tuturnya.

(Rafi)