by

Gelar Benchmarking di Lutim, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Kunjungi Dinas Lingkungan Hidup

Makassar,- Eksistensi PT Vale Indonesia Tbk menjadi salah satu perusahaan nl tambang nikel terbaik di Indonesia tak perlu diragukan. Dengan berbagai prestasi yang telah di raih setelah berdiri lebih 50 tahun lebih berkontribusi di Indonesia hingga dunia.

Sebagai salah satu contoh di akhir tahun 2021 tepatnya pada tanggal 28 Desember PT Vale meraih penghargaan Proper Hijau dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Jakarta.

Proper merupakan kegiatan yang di adakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) dan penghargaan ini di berikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance), di antaranya implementasi reuse-reduce-recycle (3R) limbah, penerapan Life Cycle Assessment (LCA), penurunan beban pencemaran.
air, dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan prestasi yang telah di raih tentunya PT Vale Indonesia ingin tetap mempertahankan apa yang sudah di capai dan terus bergerak memberikan inovasi terkait pelestarian lingkungan hidup.

Sebagai bukti nyata, PT Vale dan Dinas Lingkungan Hidup dan juga Dinas Pariwisata Kabupaten Luwu Timur bersinergi dalam pemeliharaan dan pengembangan Danau Matano menjadi Ecopark dan juga sebagai destinasi wisata yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sebagai bentuk inovasi yakni mengadakan kerja sama antara PT Vale bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata dalam memelihara danau Matano menjadi Eco park”, “Ucap Abshar, Ketua bidang penaatan dan Penataan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Luwu Timur pada saat temu dengan Mahasiswa Unismuh Makassar.

Abshar juga menyampaikan sampai saat ini, Komunikasi yang terjalin dengan PT Vale Indonesi berjalan dengan baik tanpa hambatan dan berlangsung secara berkelanjutan.
“Sejauh ini tidak terdapat hambatan dalam menjalin komunikasi dan koordinasi antara PT Vale dan Dinas Lingkungan Hidup berjalan dengan baik dan berkelanjutan”.

Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar yang mendapatkan kesempatan bertemu dan berdialog langsung dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Luwu Timur pada Selasa (07-06-2022) tentunya mendapatkan pengalaman berharga dan tambahan pengetahuan terkait Dinas Lingkungan hidup dengan PT Vale Indonesia.

Kunjungan ini merupakan salah satu agenda program unggulan dari kampus biru Unismuh Makassar yaitu Banchmarking Prodi Ilmu Pemerintahan yang di lakukan di ruang Lingkup Kabupaten Luwu Timur.

Penulis : Muh. Ari Fahmi