by

Menyoal Wacana Upacara Bendera dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Bagi ASN Oleh : Ananda Risti

Dalam upaya memupuk jiwa nasionalisme dan cinta tanah air terhadap seluruh elemen masyarakat Indonesia di tengah situasi globalisasi dan teknologi diperlukan tindakan konkrit dari para stakeholder penyelenggara pemerintahan.
Menpan RB, Tjahjo Kumolo, yang akan mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaksanakan upacara bendera.Pada tahap awal, kegiatan upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya akan dilaksanakan di lingkungan Kemenpan RB. Kemudian pada awal Juli seluruh K/L, Pemda, dan sekolah-sekolah dihimbau untuk mengikutinya.
“Upacara akan diisi dengan pengibaran bendera merah putih, penghormatan bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ikrar Korpri, pengarahan pembina upacara, dan pembacaan doa,” ujar Tjahjo.
Menurut politisi PDIP ini, Pada setiap hari Senin, akan dilaksanakan apel pagi pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh seluruh pejabat pimpinan dan pegawai K/L/Pemda secara virtual dan fisik terbatas. Pada hari Selasa sampai Jumat, diwajibkan untuk menyanyikan Indonesia Raya pada pukul 10.00 tepat.
“Khusus hari Rabu dan Jumat, dilanjutkan pembacaan teks Pancasila setelah menyanyikan lagu kebangsaan,” perintahnya.
Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT, red) Boy Rafli Amar mengingatkan pentingnya penguatan pembinaan tradisi dalam lingkungan aparatur sipil negara (ASN), agar para ASN tidak terpapar radikalisme. Boy Rafli Amar menambahkan strategi tersebut harus dilakukan di semua tantanan, baik pemerintahan daerah, kementerian/lembaga, bahkan para ASN yang bekerja di KBRI.
“Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan upacara bendera. Penguatan tradisi seperti upacara bendera, pengucapan Pancasila, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, secara konsisten dan berkelanjutan bisa mengingatkan para ASN terhadap jati diri bangsa,” ujarnya.
Wacana yang mewajibkan ASN untuk melaksanakan upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bagi ASN dinilai untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pada awal pelaksanaan, nampaknya akan menimbulkan beberapa opini yang berlawanan dari orang-orang di luar pemerintahan maupun ASN itu sendiri. Sehingga perlu pembiasaan bagi ASN yang belum terbiasa dengan kegiatan apel rutin di tempatnya bekerja. Selanjutnya perlu ada sosialisasi kepada seluruh ASN di seluruh wilayah dan level agar kebijakan tersebut tersampaikan dengan jelas dan ada persiapan.
Penguatan tradisi seperti upacara bendera, pengucapan Pancasila, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, secara konsisten dan berkelanjutan bisa mengingatkan para ASN terhadap jati diri bangsa dan sekaligus memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Dengan menghayati kalimat-kalimat pada saat membacakan Pancasila diharapkan isinya dapat terlaksana dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, dengan menghayati syairnya dapat menimbulkan rasa semangat, cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia.
Untuk merealisasikan rencananyya, menurut penulis maka Kemenpan RB mensosialisasikan rencana pelaksanaan upacara bendera tersebut ke semua K/L dan Pemda, bahkan dapat ditingkatkan menjadi Intruksi Presiden (Inpres). Semoga.
*)Penulis adalah pemerhati masalah kebangsaan.