by

Bagaimana Kabar Proyek Strategis Nasional ? Oleh : Wilnas

Proyek JTB (Jambaran Tiung Biru ) diupayakan untuk memenuhi energi gas di wilayah Jawa Timur. Meskipun sempat mengalami keterlambatan proses karena pandemi Covid-19, namun hingga saat ini semakin menampakan hasil yang mencapai lebih dari 89%. Selain meningkatkan energi nasional, banyak program yang membantu meningkatkan kualitas SDM di daerah setempat dengan memberikan pelatihan dan lapangan pekerjaan yang baru yang juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
Program Jargas memberikan manfaat bagi masyarakat yakni efisiensi biaya, penyerapan tenaga kerja, mendukung pertumbuhan eonomi masyarakat, mengurangi Impor LPG, pemanfaatan TKDN, mengurangi subsidi dan mengurangi konsumsi BBM. Meskipun program Jargas memiliki potensi resiko mulai dari masa konstruksi sampai pengiperasian, telah dilakukan safety awareness untuk menekan resiko tersebut dengan memberikan sosialisasi dan edukasi safety kepada masyarakat dan pengguna.
PLN telah berhasil beradaptasi dengan tantangan untuk menambah revenue perusahaan sekaligus mendukung perkembangan dunia industri, yaitu melalui akuisisi captive power di industri, elektrifikasi sektor agrikultur dan perikanan, serta migrasi ke kompor listrik atau electrifying lifestyle. PLN telah melakukan berbagai usaha dalam rangka mewujudkan Transformasi PLN menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 untuk Solusi Energi.
Rencana pengembangan gasifikasi adalah bentuk sinergitas BUMN khususnya Pertamina dan PLN dalam rangka mewujudkan ketahanan energi nasional berkelanjutan. Dalam progresnya, masih terdapat tantangan penyediaan infrastruktur LNG yang meliputi transportasi LNG, penyimpanan LNG, regasifikasi LNG, jetty/mooring, dan fasilitas pendukung lainnya. Program gasifikasi diharapkan akan memberikan efek bagi pertumbuhan ekonomi terutama dalam bidang industri di sektor proyek gasifikasi yang tersebar di 52 daerah.
Jika proyek strategis nasional dapat terealisasikan, maka akan memberikan dampak yaitu dengan adanya proyek pembangunan di daerah akan ikut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan memperbanyak lapangan kerja. Namun, proyek strategis nasional juga memiliki gangguan seperti adanya ancaman terhadap jalannya proyek yakni adanya mafia yang melakukan pemugutan liar di sekitaran proyek sehingga menghambat jalannya proyek.
Terkait dengan hal ini, maka Presiden dapat memerintahkan Kepala BIN untuk mengawasi perkembangan proyek di daerah dan memonitoring adanya oknum kepentingan yang melakukan pungli yang menghambat kemajuan ekonomi masyarakat sekitar, termasuk mengawasi sinergitas BUMN dan ESDM dalam program-program yang dijalankan yang akan berdampak pada kehidupan masyarakat di daerah.
Selain itu, menurut penulis, Presiden juga perlu memerintahkan Kementerian ESDM bersama dengan Pemda agar terus mengawal realisasi program pembangunan jaringan gas rumah tangga (jargas) di tahun 2021, termasuk kepada PLN dan Pertamina terus melakukan sinergitas dan solid dalam melakukan pengembangan gasifikasi terutama pasca menghadapi hambatan akibat Covid-19 tahun 2020.
Penulis adalah pemerhati masalah ekonomi.