by

PIAUD FTK UIN Alauddin Melaksanakan PKM

Wartasulsel.net,_|| Sebagai Prodi baru dalam lingkup Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) terus melakukan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Pelatihan Pengasuhan Bagi Guru Raudhatul Athfal (RA) kerjasama denga Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 guru RA dari Kota Makassar, Kab. Gowa dan Kab. Maros. Pelatihan berlangsung dari tanggal 25-27 Februari 2021. Pada awalnya, PKM ini akan melibatkan 2 perwakilan guru RA dari setiap Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan namun karena kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19 maka kami hanya mengundang guru yang berada di Makassar dan sekitarnya, kata Ade Agusriani, M.Pd. sebagai Sekretaris Panitia.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan, Dr. HA. Marjuni, M.Pd.I selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, “Berpesan kepada para peserta agar senantiasa memberikan pengasuhan positif dengan menekankan pendidikan ubudiyah dan pendidikan akhlak kepada anak. Dengan kekuatan ubudiyah dalam diri anak serta akhlak yang dimilikinya, maka anak akan menjadi manusia yang mandiri dan memiliki pendirian yang kuat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Prodi PIAUD, Ahmad Afiif mengungkapkan bahwa “kegiatan ini merupakan salah bentuk perwujudan dari visi misi Prodi yang menghasilkan guru PAUD yang ramah anak. Ia menambahkan bahwa kegiatan lain akan terus diprogramkan dengan menjalin kerjsama dengan pihak lain. Kami membuka peluang kerjasama dengan pihak dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Ketua IGRA Wilayah Sulawesi Selatan, Hj. Parida, M.Pd.I memberi apresiasi yang tinggi atas pelatihan pengasuhan ini. Harapannya kegiatan yang sama seperti Workshop dapat kembali dilakukan bersama Prodi PIAUD.

Dalam Pelatihan Pengasuhan ini, beberapa dosen PIAUD terlibat sebagai narasumber seperti Dr. Yusuf Tahir, M.Ag., Wahyuni Ismail, Ph.D., Dr. Besse Marjani Alwi, M.Ag., dan Eka Damayanti, MA.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya Hak Anak, Dasar-dasar Pengasuhan, Kelekatan, dan Pengasuhan yang Berkelanjutan.

Sebelumnya, Prodi PIAUD telah melakukan beberapa pengabdian kepada masyarakat seperti sosialisasi gizi anak dan pendidikan anak berkebutuhan khusus untuk Guru RA. Bahkan sebelum pandemi Covid 19, Prodi PIAUD melakukan sosialisasi ABK dan kampanye permainan tradisional di Car Free Day Boulevard Kota Makassar.

News Feed