Gempa 3,7 SR Malam Ini Di Mamuju Tengah Tak Berpotensi Tsunami

Peristiwa47 views

Wartasulsel.net,_|| Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Rabu, 20 Januari 2021 pukul 22.19.28 WITA Wilayah Kab. Mamuju Tengah diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=3.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,47 LS dan 119.54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km Tenggara Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada kedalaman 6 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

Daeng Manye

Dampak Gempabumi:
Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Topoyo II-III MMI (Getaran seakan-akan ada truk lewat), Mamuju dan Bonehau II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Rekomendasi:
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.(*)