Tingkatkan Pengelolaan Keuangan, Dinas PMD Sinjai Gelar Bimtek Aplikasi SISKEUDES

Seremonial123 views

Wartasulsel.net, – Dengan memanfaatkan teknologi diharapkan pengerjaan laporan keuangan bisa lebih mudah agar tata kelola keuangan desa menjadi perhatian serius oleh pemerintah agar realisasinya dapat dipertanggung jawabkan dan sesuai peruntukannya.

Untuk mengimplementasikan dan pemantapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) tentang pengelolaan keuangan desa dengan sistem aplikasi SISKEUDES. Pemerintah Kabupaten Sinjai dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin yang bertajuk Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Berbasis Aplikasi Kabupaten Sinjai di Hotel Almadera, Minggu (10/2/2019).

Daeng Manye

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yang dimulai sejak tanggal 8 Februari sampai tanggal 11 Februari mendatang

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP). Aplikasi ini diperuntukkan bagi kebutuhan pengelolaan keuangan Desa. Namun demikian, masih banyak desa yang belum memahami penggunaan aplikasi ini dengan benar.

Menurut Kepala Dinas PMD Kabupaten Sinjai, A. Zainal Arifin Nur mengatakan bahwa dengan bergulirnya APBN sesuai Nawacita Presiden, seluruh desa penjuru tanah air memerlukan pemikiran khusus agar efektif dalam melakukan setiap program, sehingga bisa akuntable dan transparan. Makanya mulai dari KPK dan Kemendes, berfikir keras bagaimana tata kelola sitem pelaporan modern yang akuntable dan transparan. Sehingga dibentuk aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) tersebut, ujarnya.

Dengan digelarnya bimtek aplikasi Siskeudes ini kata dia, aparatur pemerintahan desa nantinya mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan.

Maksud dan tujuan,kegiatan Bintek Aplikasi SISKEUDES ini kita laksanakan,agar para Bendahara Desa/Kaur Desa dapat menimplementasikan tentang tata cara menyusun keuangan desa sistem Aplikasi SISKEUDES, yang diikuti sejumlah 117 peserta dari masing-masing Desa se Kabupaten Sinjai, ungkapnya.

“Dan saya berharap kepada seluruh peserta bimtek ini betul-betul dimengerti, dipahami apa yang didapatkan yang kemudian nantinya diaplikasikan di desa masing-masing”.(*)