Angin Puting Beliung Menerjang 58 Rumah di Kecamatan Batulappa

Peristiwa399 views

Wartasulsel.net,- Pinrang – Dampak dari angin puting beliung di Kecamatan Batulappa membuat 58 (lima puluh delapan) rumah warga menjadi rusak.

Daeng Manye

 

“Kejadian angin puting beliung pada hari Senin tanggal 28 Januari 2019 pukul 07.15 wita di Kecamatan Batulappa membawa bencana yang sangat besar. Terlihat jelas di beberapa daerah Desa dan Kelurahan rumah -rumah warga banyak yang menagalami kerusakan yang disebabkan oleh angin puting beliung tersebut”, (28/01/2019).

Sekretaris Kecamatan (sekcam) Batulappa Ruslan, S. Sos saat di temui di ruang kerjanya mengatakan ” kejadian ini terjadi pada hari senin tanggal 28 januari 2019 pukul 07.15 wita. Dimana bencana angin puting beliung yang disertai hujan deras telah menerjang beberapa rumah di daerah Desa dan Kelurahan di Kecamatan Batulap

 

Untung saja tidak ada korban jiwa dalam bencana angin puting beliung ini, jelasnya.

Ruslan lanjutnya, saat ini pihak pemerintah setempat Kecamatan Batulappa yang bekerja sama dengan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan taruna siaga bencana (TAGANA) sudah melakukan pendataan kepada warga masyarakat Kecamatan Batulappa yang terkena musibah angin puting beliung”.

Kata dia, ” sehingga dari hasil pendataan tersebut kita dapatkan jumlah rumah yang rusak sebanyak 58 (limah puluh delapan) rumah yang terdiri dari berbagai macam tingakatan kerusakan”.

“Saat ini pihak pemerintah Kecamatan Batulappa sudah melaporkan kejadian bencana angin puting beliung yang disertai data dan dokumentasi ke Dinas Sosial serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pinrang”, tambahnya.

Hal ini di benarkan oleh Jabir (kepala rahabilitasi dan rekontruksi badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Pinrang) kata dia saat di temui di lokasi bencana angin puting beliung di Kecamatan Batulappa, ” benar apa yang di sampaikan oleh sekretaris Kecamatan Batulappa Ruslan S. Sos”.

“Saat ini kami sudah menerima laporan kejadian bencana angin puting beliung di Kecamatan Batulappa. Dan Insya Allah dari hasil pendataan tersebut pihak kami akan berusaha untuk membantu warga masyarakat di Kecamatan Batulappa sesuai tingkat kerusakan yang di akibatkan oleh bencana tersebut”,ungkapnya.

Di lanjutnya, “team kami masih melakukan rekapitulasi laporan kejadian bencana angin puting beliung untuk wilayah Kabupaten Pinrang. Karena berdasarkan seluruh laporan dari 12 (dua belas) Kecamatan yang ada di Kabupaten Pinrang, wilayah Kecamatan Batulappa lah yang paling banyak dan paling parah untuk dampak bencana angin puting beliung yang terjadi hari ini’.

“Saya mengharapkan kepada pemerintah setempat dalam hal ini pihak dari Kecamatan Batulappa bersama pihak tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan taruna siaga bencana (TAGANA) agar selalu melaporkan setiap perkembangan dari hasil pendataan korban bencana angin puting beliung”, tutupnya

(CLT/redws).