Bupati Gowa Bentuk Tim Evakuasi dan Posko Induk

Sosbud89 views

Wartasulsel.net, Gowa – Memasuki hari ke dua banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gowa, sejumlah tindakan koordinasi penanggulangam bencana mulai dilaksanakan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengumpulkan pimpinan Muspida dan SKPDnya untuk berkoordinasi menggalang kekuatan membantu pengungsi korban bencana. Pertemuan berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Rabu (23/1).

Daeng Manye

Disepakati membentuk tiga tim untuk pembagian tugas evakuasi di lokasi-lokasi bencana.

“Satu tim dipimpin oleh saya sendiri, satu tim dipimpin oleh Kapolres Gowa satunya lagi Dandim 1409. Kami membagi tim karena lokasi berbeda-beda, bahkan beberapa daerah masih terisolir. Tiga tim ini tetap berkoordinasi dan fokus upaya evakuasi warga,’ jelas Adnan.

Setiap tim, sambung Adnan, akan didampingi dengan perwakilan dari Basarnas maupun relawan. Masing-masing dilengkapi perlengkapan dan peralatan untuk proses evakuasi di lapangan.

“Posko induk sekaligus media centre dipusatkan di Baruga Karaeng pattinggalloang Kantor Bupati Gowa,” ujarnya.

Selain itu orang nomor satu di Gowa itu juga membagi seluruh SKPDnya untuk bertanggung jawab di titik-titik pengungsian yang tersebar di beberapa tempat.

“Ada empat belas titik pengungsi terdata hingga saat ini. Setiap SKPD saya kasih tanggung jawab satu titik,” ujar Adnan.

Sebagai tugas pertama SKPD diminta bertanggung jawab untuk makan siang penggungsi.

“Silahkan setiap SKPD bergerak ke lokasi masing-masing. Sebagai tugas pertama saya minta untuk berkoordinasi dengan dapur umum untuk menyiapkan makan siang pengungsi. Selain itu cek ulang jumlah data pengungsi di 14 titik tersebut,” sebut mantan anggota DPRD Provinsi ini, seraya mengatakan

Untuk kegiatan tersebut dapur umum sendiri dipusatkan di Pasar Induk Minasamaupa dan Kodim 1409 Gowa.

Adnan berpesan kepada SKPDnya tetap menjaga kekompakan dalam membantu masyarakat. “Tetap perlihatkan kekompakan kita selama membantu masyarakat,” pungkasnya. (*)