by

Kapolres Pinrang Gelar Baksos Tanam Bakau Di Pantai Ujung Tape Mattiro Sompe

Wartasulsel.net,-Pinrang – Berbagi upaya untuk meningkatkan perbaikan lingkungan di kawasan pesisir terus dilakukan oleh pihak Polres Pinrang. Di antaranya dengan menanam pohon bakau (mangrove) merupakan salah satu langka untuk mencegah abrasi.

Bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang, Kodim 1404, dan WWF-ID, Polres Pinrang beserta Bhayangkari Cabang Pinrang melaksanakan Bakti Sosial Penanaman bibit pohon Bakau/Mangrove di wilayah pesisir pantai / irigasi di Ujung Tape Kelurahan Pallameang Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang, Selasa (22/01/2019).

Menurut Kapolres Pinrang AKBP Bambang Suharyono, S.Ik, MH “mangrove tersebut memiliki akar kuat dan tahan terhadap serangan hama sehingga dapat tumbuh subur di kawasan pesisir. Bila dibandingkan dengan tanaman sejenis, ini lebih baik termasuk dapat menahan gelombang mencegah abrasi pantai,” katanya.

“Dalam kegiatan sosialisasi untuk penanganan Abrasi di daerah pesisir pantai, perlu peran penduduk terutama yang bermukim di kawasan pesisir karena untuk menjaga ekosistem pantai merupakan tugas bersama”, jelas Bambang.

Dia lanjutnya, “kegiatan sosialisasi dan penanaman Bakau (mangrov) ini tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah saja, akan tetapi peran warga setempat dipesisir pantai sangat penting disini. Budi daya mangrove sangat penting demi menjaga agar lingkungan pantai tidak rusak oleh hantaman gelombang laut”.

“Kegiatan bakti sosial yang kami laksanakan ini dihadiri oleh Bupati Pinrang Dr. H. Andi Aslam Patonangi, SH, MH M.Si, Dandim 1404 Pinrang, Letkol Arm Lukman Sasono, SE, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Unsur Tripika Kecamatan Mattiro Sompe, Anggota WWF-ID Pinrang, dan Para petani tambak kurang lebih 30 orang”, tambahnya.

“Kegiatan ini juga merupakan sebagai wujud Pembinaan terhadap Masyarakat dan bersinerginya TNI/Polri, Pemerintah daerah dan masyarakat Khususnya dalam menyukseskan Program Pemerintah demi terjalinnya hubungan silaturahmi dalam memelihara KAMTIBMAS dan Pembangunan serta mempertahankan kedaulatan NKRI”,Bambang tutupnya.(CLT)