Basarnas dan PMI Bantu Korban Bencana Tsunami Anak Krakatau

Nasional112 views

Basarnas dan PMI Bantu Korban Bencana Tsunami Anak Krakatau
Wartasulsel.net,- Banten- Basarnas dan Dharmawanita Basarnas mengirimkan bantuan logistic kepada korban bencana tsunami anak gunung Krakatau. Bantuan logistic tersebut berupa makan, sandang dan peralatan mandiyang dikirimkan ke lokasi terdampak tsunamiyang parah. Bantuan ini dikirimkan ke dua daerah yaitu Lampung dan Banten yang dihantam tsunami dari perairan selat Sunda.
Menurut kepala Basarnas dalam rangka evakuasi korban tersebut Basarnas memberlakukan waktu sebanyak 7 hari. Dan setelah 7 hari dievaluasi dan akan ditambah sebanyak 3 hari evakuasi. Saat diwawancarai oleh wartasulsel adalah masih di hari ke 6 disampaikan bahwa menurut informasi di lapangan sudah semakin sedikit korban yang ditemukan. Kendala yang sering ditemui oleh kru Basarnas adalah cuaca dari hari pertama hingga hari ini yaitu mendung dan hujan termasuk juga ombak. Harapan Basarnas adalah mudah-mudahan doa dari seluruh masyarakat di seluruh Indonesia ini bisa segera teratasi kendala-kendala tersebut sehingga Basarnas semakin efektif dan sudah tidak ada lagi yang dicari lagi.
Di saat yang sama PMI Solo Jawa Tengah juga mengirimkan bantuan TIM ke lokasi bencana tsunami di Banten. Tim ini akan membantu para korban untuk mencari anggota keluarganya yang hilang. Sepuluh relawan yang dikirim ke Banten yaitu dari paramedis, apoteker, tim penanganan pasca bencana dan pemulihan hubungan keluarga. Tim ini akan bertugas selama 2 pekan dengan berkordinasi dengan PMI Provinsi Banten. Khusus tim pemulihan hubungan keluarga juga membantu para korban mencari sanak keluarga baik dalam kondisi hidup maupun kondisi meninggal dunia. Tim Palang Merah Cabang Solo berangkat ke Banten dengn satu mobil ambulance dan satu mobil lapangan.
(IKF/redws)