Peningkatan Kapasitas Tutor Dan Pengelola PKBM Takalar

Sosbud248 views

Wartasulsel.net, – Pelatihan Peningkatan dan Penguatan kapasitas Tutor dan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), yang diselenggarakan oleh Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Kabupaten Takalar di Hotel Durian Makassar,24122018.

Selama dua hari kegiatan peningkatan kapasitas Tutor dan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), ini di adakan, hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar, dalam sambutannya menyampaikan agar dalam kegiatan ini diikuti secara saksama agar lebih mampu dan lebih baik dalam pengelolaan Lembaga ini, yakni PKBM itu sendiri, salah satu tolak ukur berjalan baiknya sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah berjalan baiknya sebuah administrasi berdasarkan mekanisme yang ada, sebagai ujung tombak pelaksanaan kegiatan dilembaga.

Daeng Manye

Kegiatan ini dimulai pada hari Senin dan selasa 24/25 Desember 2018, dalam laporannya ketua Panitia menyampaikan dan berharap agar dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan Peningkatan kapasitas Tutor dan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dapat ikut aktif dan memahami semua proses pembelajaran.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar Bapak Darwis, S.Pd, MM. menyampaikan agar dalam pengisian data Dapodik (Data Pokok Pendidikan), diisi berdasarkan data yang ada, kemudian Mampu melihat sarana dan prasarana yang ada dalam kondisi yang baik agar dapat didata dan dilaporkan berdasarkan kondisi yang ada, lebih jauh ia mengharapkan agar Pelatihan ini dapat diikuti dengan seksama agar pada saat kembali di PKBM masing masing dapat mengimplementasikan hasil pembelajarannya selama dua hari ini.

Dalam penyampaiannya Ketua Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bapak Bahar, SS, MM. ini juga menyampaikan bahwa kedepan kita harus memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ini, bahwa kedepan kita perlu melakukan akselerasi dalam menjawab segala tantangan,

“Tantangan kita kedepan sangat banyak terkait dengan persoalan Data, sehingga kita bisa memberikan data data akurat berdasarkan hasil pembelajaran yang dilakukan selama ini, sehingga kita harus bekerjasama “,Ungkapnya saat memberikan sambutan, ia juga berharap agar,

“Lembaga meningkatkan kapasitas, agar mutu pendidikan di Takalar akan lebih baik dan lebih maju.”

Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kabupaten Takalar ini pula mengelola Pendidikan yakni PAUD, Keaksaraan, Kursus dan beberapa kegiatan pendidikan lainnya.(*)