Mahasiswa IKAMI Temukan ‘Rumah’ di Tanah Rantau

Ragam429 views

Wartasulsel.net,- Malang- Puluhan mahasiswa yang tergabung di dalam komunitas ORDA (Organisasi Daerah) IKAMI Sulsel cabang Malang, malam itu berkumpul di lokasi Asrama Mahasiswa IKAMI Jl. Simpang Dieng Utara Malang.

Aromapun menjadi berbeda karena suguhan-suguhan yang diberikan oleh panitia kegiatan Panggung Ekspresi. Salah satunya adalah minuman khas Sarabba. Sehingga hadir di kegiatan ini berasa seolah olah berada di Makassar.

Daeng Manye

Kali ini bukan lagi diskusi-diskusi ilmiah seperti yang selalu dilakukan tiap minggu. Tetapi kali ini mereka mengadakan Kegiatan Panggung Ekspresi yang selalu diagendakan tepat setelah kegiatan Sanggara atau Sambut Anggota Baru. Sanggara adalah juga kegiatan tetap IKAMI Sulsel Malang yaitu kegiatan sambutan kepada mahasiswa baru yang tiba di Malang.

Tidak sedikit mahasiswa di Malang yang berasal dari Sulawesi Selatan, hampir sekitar 1000 orang lebih. Sehingga IKAMI Sulsel Malang selalu mengagendakan kegiatan Sanggara seperti yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Panggung Ekspresi yang telah dilaksanakan seminggu yang lalu memiliki tema ‘Menemukan Pulang di Tanah Rantau’. Muhammad Farid yang telah dihubungi selepas acara kegiatan ini sempat bertemu dengan wartasulsel.net dan menjelaskan apa tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan.

Farid mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini mahasiswa yang dianggap sebagai perantau ini bisa mengingat tanah kelahiran dan menemukan organisasi yang bisa menaungi dan menampung aspirasi mereka.

Dengan adanya kegiatan Panggung Ekspresi ini para perantau berasa ingin pulang. Namun tidak pulang ke kampung halaman. Cukup disaksikan di Panggung Ekspresi. Harapan dari kegiatan ini adalah juga untuk mempererat kekeluargaan dan silaturahmi antar anggota IKAMI Sulsel Malang. Lalu juga untuk melestarikan budaya Bugis Makassar yang tetap harus diingat walaupun di tanah rantau.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Bapak Dr. Saiman sebagai ketua KKSS Malang dan brberapa anggota KKSS Malang lainnya. Juga hadir pula ibu Ika Farihah sebagai pelindung komunitas ORDA IKAMI Sulsel Malang.

(IKF/redws)