Peserta Pelatihan Penyuluhan Pertanian Balai Besar Batangkaluku Hadir di Brigade Zona III. Kec. Bajeng

Ragam470 views

Wartasulsel.net, Gowa- Untuk mewujudkan petani modern serta meningkatkan hasil panen dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi tugas penting Dinas pertanian se Indonesia.

Seperti yang diadakan oleh Balai Besar Pertanian Batangkaluku bersama Dinas Pertanian Gowa melaksanakan pelatihan dan pengembangan SDM Pertanian pada program IPDMIP. tahun 2018. Yang berlangsung di Balai Besar Pertanian Batangkaluku Jl. Poros. Sungguminasa Malino.

Daeng Manye

Kepada wartasulsel, Hari Ismanto selaku ketua panitia pelaksana pelatihan, mengatakan bahwa para peserta pelatihan ini diikuti oleh jajaran PPL dari dua kabupaten yakni kab. Gowa dan kab. Sidrap.

Latar belakang kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) atau Program Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Terpadu Partisipatif dirancang untuk mewujudkan pembangunan pertanian di Indonesia dengan sasaran untuk mencapai swasembada beras.
melalui peningkatan produksivitas padi pada lahan irigasi.

Dengan sasaran kegiatan ini adalah para petani, Poktan- DI dan P3A yang berada di daerah irigasi yang dikelola oleh proyek IPDMIP yang berada pada 16 Propinsi dan 74 kabupaten dengan total areal 875,245 Ha. (778 daerah irigasi.

Kegiatan PIDMIP sektor pertanian berperan dalam peningkatan pendapatan irigasi pertanian dengan tiga sub komponen kegiatan yaitu meningkatkan produktivitas dan jasa pertanian, Peningkatan dan layanan pasar untuk meningkatkan nilai tambah dan kegiatan pasca panen yang lebih baik dan peningkatan jasa pelayanan finansial dan penggunaanya.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran kegiatan IPDMIP tersebut kegiatannya akan di lakukan secara terpadu oleh berbagai stakeholder yang terkait dan untuk membina petani.

Poktan DI dan P3A di lapangan dilaksanakan oleh petugas pendamping yaitu Penyuluhan Pertanian lapangan pertanian (PPL) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)/staf lapangan sebagai garda terdepan yang berhubungan langsung dengan petani.

Guna memaksimalkan proses pembelajaran dan peserta memperoleh penjelasan nyata, maka di laksanakan praktek lapang di kelompok P3A Pamase kelurahan Tubajeng Kec. Bajeng dan Gapoktan Harapan Jaya. Desa Kelemandalle Kec. Bajeng Barat. Kab Gowa dan pusat praktek di lapangan berlangsung di sekretariat Brigade Alsintan Zona III Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kec. Bajeng yang beralamat di jalan poros Limbung Galesong pada Minggu 09/12/2018.

Sementara Jaharuddin Sikki Selaku General Manager Brigade Alsintan Zona III dalam keteranganya bahwa kehadiran para peserta pelatihan ini mareka pun melaksanakan kegiatan praktek lapangan untuk memperoleh informasi dan melihat langsung terkait materi :
1. Penumbuhan, pengembangan dan penguatan kelembagaan petani di daerah irigasi ( Poktan-DI, P3A).
2. Tehnik pendampingan kelembagaan pertanian di daerah irigasi.
3. Optimalisasi pemanfaatan air irigasi dan pengelolaan secara Partisipatif.
4. Penguatan teknologi dan pengembangan budidaya Padi lahan irigasi.

Kontributor : MZ Nurdin Ahmad

(MSL/redws)