Epicentrum Politica Gelar Quo Vadis Tantangan Pemilu 2019

Ragam179 views

Wartasulsel.net,- Makassar- Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan menjadi Pemilu serentak pertama yang dilakukan di Indonesia. Selain akan memilih Presiden Dan Wakil Presiden, kita juga akan memilih Anggota DPR RI, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Terlepas dari pro kontra terkait Pemilu serentak ini, gong sudah dibunyikan, persiapan pesta tengah berjalan, para kandidat telah berseliweran baik di media sosial ataupun media kampanye lainnya. Untuk itu Epicentrum Politica mengadakan Diskusi Publik “Quo Vadis Tantangan Pemilu 2019” dengan menghadirkan pemateri diantaranya Iin Fitriani (Direktur Epicentrum Politica), Muh. Asratillah Senge (Pegiat Literasi), Muh. Nursal, N.S (Advokat) bertempat di Rumah Malupu Panakukang Makassar, Minggu (2/12/2018).

Daeng Manye

Dalam politik demokrasi kita punya harapan yang besar terhadap pemilu karena itu adalah momen partisipasi yang besar bagi para pemilih, makanya pemilu bagi negara demokrasi minimal memenuhi beberapa harapan.

“Yang memiliki hak pilih punya kesempatan hak pilih untuk menyalurkan suaranya terutama tentang tetdatanya semua yang memiliki hak pilih sebagai pemilih”, ujar Asratillah.

Dan ini yang menjadi persoalan adanya ketidaksinkronan antara data Discapil dengan KPU, hak pilih yang ada di Discapil berbeda dengan yang ada di KPU. Belum lagi persoalan yang terdata itu ke TPS memberikan hak suaranya.

Pemilu di negara demokrasi tidak boleh dilakukan intimidasi dalam hal berupa reward dalam hal ancaman, politik perut, janji-janji yang tidak sesuai dengan tupoksi.

Pemilu ini betul-betul dijadikan sebagai aktor politik untuk melakukan perubahan secara damai dan salah satu tingginya angka golput itu biasanya karena pemilih dianggap tidak ada hubungannya dengan rakyat kecil hanya berhubungan dengan nasib para elit politik saja.

“Saya harap partai politik penyelenggara dan pemangku kebijakan perlu menjadikan pemilu sebagai sarana perubahan bagi nasib rakyat”.

(RAF/redws)