by

Ratusan Proyek Pemkot Makassar Gagal Lelang, DPRD Angkat Bicara

WARTASULSEL.NET, MAKASSAR – Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menyoroti ratusan proyek gagal lelang.

Hinga bulan Oktober ini, dari 476 kegiatan yang dianggarkan Pemerintah Kota (Pemkot), Makassar, baru berjalan 198 paket kegiatandengan realisasi anggaran Rp341,5 miliar.

Dimana rinciannya ada 277 penganggaran belum masuk dalam proses lelang dan 79 sementara sudah dalam proses lelang.

Dari 277 penganggaran yang belum dilelang tersebut meliputi lelang fisik, pengadaan barang, pekerjaan konstruksi, serta jasa konsuktasi proyek.
Berdasarkan data Sub Bagian Pengadaan BLPJ diperkirakan beberapa proyek batal.

Diantaranya pembangunan jembatan rajawali, jalan bintang lima Landak, jembatan Barukang, pete-pete smart, serta pengerjaan puskesmas Batua menjadi rumah sakit.

Alhasil dari sejumlah proyek yang terancam batal, menuai sorotan dari DPRD, khususnya Anggota komisi D DPRD Makassar yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Andi Nurman.

Nurman menegaskan hal ini akan menjadi catatan buruk kinerja pemerintah kota makassar dan memastikan proyek tersebut tidak akan berjalan mengingat masa pengerjaan hanya tersisa dua bulan sesuai tahun anggaran berjalan, ungkapnya di Makassar belum lama ini.

Nah, wakil ketua DPRD kota Makassar Adi Rasyid Ali mengatakan, jika hal tersebut harus dilihat dari faktor penyebabnya.

Sementara, Walikota Makassar Muhammad Ramdhan “Danny” Pomanto menjelaskan, terkait program pembangunan yang gagal lelang akan dialihkan ke pengerjaan jalan, mengingat banyaknya tuntutan tentang jalan.

Lanjutnya, selain itu program yang belum terlaksana tahun ini akan direncanakan lagi tahu depan. (redaksi)