by

Pesan 15 Muharram 1439 H : “JODOH”

Ilustrasi : universalrover/ws

WARTASULSEL.NET, Religi – Kemarin saya menerima berita yang sangat membahagiakan. Salah satu ikhwan yang saya kenal sejak ia Mahasiswa memberitahu bahwa Alhamdulillah dia akan menikah dengan seorang gadis yang baru dipertemukan dengannya.(5/10/2017).

Sebelumnya saya pernah diinfokan bahwa ia rencana menikah namun masih dalam persiapan pelamaran dengan seorang gadis yang diperkenalkan dengannya dalam satu kajian Islam. Rencana ini akhirnya gagal karena ada hambatan dari keluarga wanita.

Jodoh memang tidak ada yang tahu. Seringkali ada dua orang yang ingin melangkah ke perkawinan menemukan jalan yang penuh hambatan sehingga salah satunya menyerah dan menikah dengan yang lain.

Ada bahkan yang sudah melakukan pelamaran resmi yang dihadiri masing-masing puluhan keluarga dari ke dua belah pihak dan diikuti dengan penentuan waktu tapi akhirnya tidak jadi. Itulah jodoh.

Allah telah memerintahkan kita untuk menikahkan orang yang belum berpasangan. Setinggi apapun prestasi atau kesuksesan seseorang namun bila tidak ada pasangan maka kehidupannya pasti kurang bahagia.

Para pakar juga menemukan bahwa penyakit degeneratif pada wanita seperti jantung koroner paling banyak ditemukan pada mereka yang tidak punya pasangan. Sayang sekali masih ada keluarga yang kadang menolak lamaran pada saat anak mereka sudah layak menikah.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wa ankihul ayaamaa minkum washshaalihiina min ‘ibaadikum wa imaaikum, iyyakuunuu fuqaraa’ yughnihimullaahu min fadhlihii wallahu waasi’un ‘aliim (QS An-Nuur 24:32). Artinya: Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin maka Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) Maha Mengetahui.

MUDAHKANLAH JODOH ORANG YANG BERADA DALAM TANGGUNG JAWABMU.

Prof.Veni Hadju*)
Editor: Desy ws
Photo : Redaksi ws