by

Pesan Pasca Ramadhan 13 Muharam 1439H : Beban Penyakit

WARTASULSEL.NET, – Dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat ada satu bidang yang banyak diminati orang yaitu Ekonomi Kesehatan. Salah satu keahlian pakar dalam bidang ini adalah menghitung berapa beban yang ditanggung oleh negara dalam setiap masalah kesehatan yang timbul di masyarakat. Misalnya menghitung kerugian negara akibat orang yang gemuk (obesitas). Saat ini jumlah penderita obesitas terus meningkat dan ini menyebabkan beban negara membengkak.

Menjadi beban negara berarti negara harus mengeluarkan anggaran yang banyak akibat dari masalah tersebut. Kemungkinan sakit pada orang gemuk menjadi tinggi belum lagi kalau terjadi komplikasi yang memerlukan perawatan yang lama di tempat pelayanan kesehatan. Bukan saja biaya perawatan tapi hilangnya waktu kerja dan produktifitas dari pasien akan menambah cost atau biaya yang seterusnya memperberat beban negara.

Allah menganjurkan hamba-Nya memiliki pola hidup sehat jauh dari penyakit. Para ahli sudah menyadari begitu besar biaya yang diperlukan termasuk yang hilang bila penyakit muncul. Upaya preventif seharusnya menjadi program prioritas. Sayang sekali tidak banyak yang melihat hal ini. Anggaran kesehatan masih lebih fokus pada upaya pengobatan sehingga kondisi kesehatan masyarakat belum memperlihatkan hasil yang optimal.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Innallaaha ladzuufadhlin ‘alannaasi walaakinna aktsarannaasi laa yasykuruun (QS Gaafir 40:61). Artinya: Sungguh Allah benar-benar memiliki karunia yang dilimpahkan kepada manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.

Cegahlah diri anda dari suatu penyakit dan nikmati karunia Allah yang besar. (redaksi/Prof. Veni Hadju)