by

Rayakan Panen Warga Desa Masolo Gelar Lomba Balap Motor Taksi

WARTASULSEL.NET, – PINRANG, Ada berbagai cara masyarakat dalam meluapkan kegembiraan dalam menyambut panen, tidak terkecuali di Kabupaten Pinrang. (26/9/2017)

Bentuk rasa syukur karena pertanaman padi tumbuh subur ditambah dengan hasil yang melimpah tentu membuat rasa gembira dan sukacita bagi para pejuang pangan ini.

Ada cara unik masyarakat Desa Masolo Kecamatan Patampanua dalam meluapkan kegembiraannya. Selain melaksanakan pesta panen, dalam bentuk Tradisi Mattojang (ayunan dengan tinggi kurang lebih 40 meter) dan mappadendang (memukul alu dengan irama).

Selain itu Pesta panen kali ini mereka isi dengan lomba balap motor taksi. Motor taksi adalah motor pengangkut karung gabah yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu mengangkut gabah dari lahan persawahan menuju tempat truk pengangkut gabah.

Lahan persawahan mereka sulap menjadi arena balap motor modifikasi ini dan puluhan peserta ikut serta dalam perlombaan unik ini.

Dalam perlombaan ini panitia memperlombakan 2 kelas dan wajib menyelesaikan 4 putaran.

Dalam perlombaan ini 2 pembalap masing-masing Ridwan dan Bajoe hadir sebagai juara, mereka sehari-hari berprofesi sebagai pembawa motor taksi dari Desa Letta Kecamatan Duampanua. (sulaiman/red2)