by

Pesan Pasca Ramadhan : 7 Muharam 1439H “Saling Menolong”

oleh : Prof. VENI HADJU*)

WARTASULSEL.NET, – Hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah yang diikuti oleh para sahabat beliau merupakan proses yang sangat inspiratif. Para Muhajirin (pendatang) dan kaum Anshar (penduduk Madinah) yang di persaudarakan oleh Rasulullah menjadi contoh yang fenomenal.

Betapa tidak persaudaraan yang terjadi melebihi hubungan kakak beradik. Mereka saling menolong, saling membantu, saling mendukung karena Allah semata.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar pertanyaan bagaimana hubungan antar sesama muslim di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia ini.

Sejauhmana mereka saling membantu, saling menolong, dan saling mendukung satu sama lain.

Ada memang yang pesimis karena melihat kondisi perkonomian ummat muslim yang terpuruk. Namun tidak sedikit yang optimis dan melihat peluang ke depan yang sangat menjanjikan bagi eratnya persaudaraan muslim.

Allah sangat menginginkan ummat-Nya bersatu. Saling membantu satu dengan yang lain dalam suatu kebaikan.

Menolong orang lain itu berarti menolong diri sendiri. Banyak orang yang hidup bahagia setelah mereka menolong orang lain. Hidup yang sementara ini memang harus digunakan agar bermanfaat buat orang lain. Dengan itu kita dapat meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Famayya’mal mitsqaa ladzarratin khairayyarah (QS Az-Zalzalah 7). Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji sawi pun niscaya dia melihat balasannya.

SALING MENOLONGLAH KALIAN DALAM KEBAIKAN KARENA ALLAH SEMATA.