by

Pesan 8 Dzulhijjah 1438H : “HATI BENCI”

WARTASULSEL.NET, – Pernahkah Anda membeci seseorang? Tidak mau bicara dengan seseorang? Merasa marah pada seseorang? Atau tidak mau berjabat tangan atau bertemu dengan seseorang? Kalau itu adalah keluarga dekatmu atau saudaramu dalam Islam maka ulama sepakat bahwa kalau hal itu berlangsung lebih dari tiga hari maka Anda terancam dengan api neraka atau Anda tidak bisa masuk ke dalam surga.(30/8/2017)

 

Hidup ini penuh ujian. Apa yang kita pikirkan kadang bertentangan dengan apa yang dipikirkan oleh pasangan kita, saudara kita atau orang yang dekat dengan kita. Kondisi ini sangat mudah menyebabkan perselisihan. Kita tersinggung, merasa tidak dihargai, kerja keras selama ini tidak berarti apa-apa, atau merasa dizalimi.

 

Allah menyuruh kita bersabar dengan semua perbuatan orang lain kepada kita. Walaupun kita bisa membalasnya namun demi menghindarii permusuhan atau demi menjaga kesucian hati maka tidak ada salahnya kita mengalah. Mgkn kita dianggap lemah, tidak punya kekuatan,  atau penakut.  Namun kita termasuk orang beruntung karena kita terhindar dari api neraka.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Walaa tastawil hasanatu walassayyiatu idfa’ billatii hiya ahsanu faidzalladzii bainaka wabainahuu ‘adaawatun ka annahuu waliyyun hamiim  (QS Fussillat 41:34). Artinya: Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lbh baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia.

 

BERSIHKANLAH HATIMU DARI SEGALA RASA BENCI ATAU PERMUSUHAN DENGAN SAUDARAMU.

(Red WS/Veni.H)