by

Ini Manfaat Makan Pisang Buat Anda!

WARTASULSEL.NET,  –  Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat.

 

Pisang memiliki nilai energi dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Sayangnya, manfaat makan pisang seringkali terlewatkan.

 

Inilah alasan mengapa mengonsumsi pisang sehari bagus untuk kesehatan tubuh dan dipastikan tidak akan menyebabkan kegemukan, seperti dilansir Khaleej Times.

 

1.  Kaya vitamin C

 

Pisang juga mengandung 15 persen vitamin yang bagus untuk tubuh. Vitamin C adalah antioksidan penting yang menetralisir radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom bermuatan kosong, molekul atau ion.

 

2.  Melawan Anemia

 

Sebab pisang mengandung zat besi tinggi, mengonsumsinya bisa merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu melawan anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, sehingga menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas. Vitamin B6 hadir dalam pisang untuk mengatur kadar glukosa darah.

 

3.  Menahan lapar

 

Aroma pisang bisa menekan nafsu makan dan rasa lapar. Menurut sebuah studi oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, mencium pisang saat Anda lapar bisa menipu otak Anda agar mengira Anda benar-benar memakannya.

 

4.  Meningkatkan Mood

 

Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 27 mg magnesium. Pria dan wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jika Anda kekurangan magnesium, maka cenderung menderita kegelisahan, mudah tersinggung, depresi dan gangguan lainnya.

 

5.  Memperbaiki kondisi saluran gastro-intestinal

 

Pisang relatif mudah dicerna dan sangat bagus untuk saluran pencernaan. Selain baik untuk pencernaan, pisang juga membantu mengembalikan mineral yang hilang setelah diare.

 

(red WS/wartakesehatan)