by

Rangsanglah Pertumbuhan Sel Otak Anak dengan Makanan Berikut Ini!

WARTASULSEL.NET, – Berbagai macam makanan yang lengkap, seperti buah, sayuran serta daging ikan bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan anak untuk kecerdasaan mental dan fisiknya.

 

Beberapa bahan makanan yang dipercaya mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak pada anak seperti dilansir di laman nationalgeographic:

 

Ikan salmon

 

Kandungan asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) memiliki manfaat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

 

Kacang-kacangan

 

Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang merah memiliki kandungan protein serta karbohidrat kompleks yang kemudian diolah menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan fungsi otak anak.

 

Oatmeal

 

Oatmeal kaya akan serat yang dapat membantu menjaga jantung dan otak arteri. Bahkan dalam sebuah penelitian, anak-anak yang mengonsumsi oatmeal dapat melakukan tugas-tugas sekolahnya dengan baik.

 

Telur

 

Seperti yang diketahui bahwa telur kaya akan protein yang sangat baik untuk kecerdasaan. Selain itu, kuning telur juga terbukti mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan memori.

 

Buah Berry

 

Beberapa jenis buah berry, seperti strawberry, blueberry dan redberry memiliki kandungan antioksidan dengan kadar yang tinggi serta vitamin C.

 

(Red ws/wartakesehatan)