by

Pesan Pasca Ramadhan (2 Dzulqa’dah 1438 H) “Potensi Laut”

WARTASULSEL.NET, – Siapa yang tidak senang dengan sajian menu ikan yang segar? Di Kota Mamuju, ibu kota Provinsi Sulawesi Barat,  menu ikan menjadi menu favorit bagi sebagian besar masyarakatnya. Kalau Anda menjadi seorang pendatang maka Anda pasti akan mau berlama-lama di sana karena menikmati ikan yang sangat lezat. Ikan adalah salah satu potensi laut yang luar biasa di wilayah ini.

 

Ikan mengandung zat gizi yang tinggi. Selain protein dengan komposisi asam amino yang baik, ikan mengandung asam lemak tidak jenuh rantai panjang yang dikenal dengan omega tiga. Dua janis omega tiga kaya pada ikan yaitu DHA dan EPA. Yang pertama sangat baik untuk kecerdasan otak dan yang satunya lagi sangat baik untuk pembuluh darah dan jantung. Studi di berbagai negara telah mengkonfirmasi bahwa makan ikan akan memproteksi kita dari penyakit jantung koroner.

 

Allah telah menciptakan laut dan berbagai potensi di dalamnya agar manusia dapat mengarunginya dan memperoleh rezeki di dalamnya  termasuk mengkonsumsi ikan yang bernilai gizi tinggi. Di Indonesia potensi laut ini luar biasa sehingga ikan dari negara ini di eksport ke berbagai negara dan menjadi sumber devisa yang besar. Kekayaan laut ini memang perlu terus dijaga dan disyukuri.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wahuwalladzii sakhkharal bahra lita’kuluu minhu lahman thariyyaw watastakhrijuu minhu hilyatan talbasuunahaa  (QS An-Nahl 16:14). Artinya: Dan Dialah yang menundukkan lautan  (untukmu) agar kamu dapat memakan daging yang segar  (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai.

 

Nikmatilah karunia Allah yang terdapat pada lautan kita yang sangat luas.

 

 

Penulis : Prof. Veni Hadju

Editor : Zoel