by

Pesan Pasca Ramadhan (28 Dzulqa’dah 1438H) “Melayani”

WARTASULSEL.NET, – Menjadi seorang pebisnis atau pengusaha menjadi idaman banyak orang saat ini. Berbagai kemudahan diberikan agar orang tertarik menjadi pengusaha. Perguruan Tinggi juga didorong untuk menanamkan jiwa kewirausahaan kepada para mahasiswa agar mereka jangan hanya berpikir menjadi karyawan atau pegawai namun sebaliknya berpikir bagaimana agar bisa mempekerjakan orang lain.

 

Pengusaha dapat diartikan melayani agar kebutuhan orang dapat terpenuhi dengan mudah. Menjadi pengusaha memang dituntut kerja ekstra.  Mereka bisa saja mulai dari nol dan kemudian secara bertahap berkembang. Mereka mengembangkan sesuatu yang orang lain selama ini tidak pikirkan. Mereka harus inovatif dan sekaligus visioner. Mereka juga harus berani dan bermental baja untuk bisa bertahan.

 

Allah menuntut hamba-Nya untuk menyediakan kebutuhan orang lain. Kepedulian kita akan kebutuhan orang lain akan menjadi pembuka jalan bagi kita utk berinovasi dan bila ditingkatkan jadilah dia seorang pengusaha. Hanya memang semua ini adalah jalan sulit yang banyak dihindari orang. Namun setiap kebaikan sekecil apapun yang diniatkan utk memudahkan orang lain pasti ada balasannya.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya dalam (Ar-Rahman 55:60) :

 

الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ جَزَاءُ هَلْ

Haljazaaul ihsaani illal ihsaan

Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan pula.

 

Bercita-citalah untuk melayani kebutuhan orang lain.

 

 

Penulis : Prof. Veni Hadju

Editor : Zoel