by

Inilah Pesan 23 Dzulqa’dah 1438 H : “Jumlah Anak”

WARTASULSEL.NET, – Salah satu masalah yg dihadapi oleh beberapa negara maju adalah rendahnya jumlah anak yang lahir. Untuk itu pemerintah terus meningkatkan pemberian insentif bagi keluarga yang ingin punya anak.

 

Namun program ini belum banyak berhasil karena tetap saja banyak keluarga yang mau punya satu anak saja. Bahkan ada yang menolak punya anak.

 

Dahulu pemerintah melarang orang punya anak yang banyak. Keluarga dibatasi dengan slogan “dua anak cukup” dengan tambahan “laki perempuan sama saja”. Di negara Taiwan, pada tahun 80-an pemerintah membuat program agar keluarga hanya punya anak satu saja dengan jargon “One is not too few”.

 

Namun, ternyata akibat dari semua itu adalah pandangan masyarakat tentang anak berubah. Saat pemerintah berupaya untuk merangsang punya anak lebih masyarakat menolaknya.

 

Allah sangat menganjurkan orang memiliki keturunan karena Anak adalah investasi akhirat. Orang tua yang berhasil mendidik anaknya sehingga menjadi seorang hamba beriman dan berbuat kebaikan mendapatkan pahala yang terus mengalir.

 

Punya anak memang merepotkan namun balasan di akhirat yang harus diutamakan apalagi kalau kita dapat mendiďik mereka dengan baik seperti halnya Lukman mendidik anaknya yang dikisahkan dalam Al-Qur’an.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Yaa bunayya innahaa intaku mitsqaala habbatim min khardalin fii shakhratin au fissamaawaati au fil ardhi ya’ti bihallah. Innallaha lathiifun khabiir (QS Luqmaan 31:16). Artinya: (Lukman berkata), ‘Wahai anakku! Sungguh jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Mahahalus Mahateliti.

 

BERINVESTASILAH DENGAN JUMLAH ANAK YANG SALEH (Red ws/Veni.H)