by

Inilah Pantai Punagaang Destinasi Tepat Untuk Liburan Di Selayar

WARTASULSEL.NET, – Kawasan wisata Pantai Punagaang, Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan bukanlah sebuah hal yang tak beralasan. Sebab selain kondisi alamnya yang masih natural, panorama alam perbukitan hijau nan asri di sekitarnya cukup menjadi sebuah daya tarik tersendiri yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, petualang, dan pelancong wisata di tanah air.(17/7/2017)

 

Sarana-prasarana wisata pendukung pun telah dibangun dan dipersiapkan tersebut diantaranya, areal parkir, pintu gerbang, jembatan pejalan kaki berkonstruksi kayu lengkap dengan sarana ruang ganti berdinding bambu dan beratap daun kelapa. Bangunan ruang ganti tersebut merupakan wujud dan simbol kearifan lokal serta kebersamaan masyarakat kota berjuluk Bumi Tanadoang di penghujung sebelah selatan Provinsi Sulsel.

 

Fasilitas tempat mancing beratap seng menyerupai bangunan gazebo sementara diprsiapkan oleh pihak pengelola dan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan. Fasilitas pendukung lain seperti pelampung ban, life jacket, sampai bebek-bebek juga telah disediakan pengelolah di kawasan Pantai Punagaang.

Foto : Tampak Pengunjung Nikmati Suasana Pantai Punagaang-Selayar

Sepanjang areal pantai juga telah dipersiapkan fasilitas tempat sampah dan tempat bersantai yang terbuat dari bahan baku bambu bitti dengan harapan agar pengunjung dapat bersantai sembari menikmati panorama alam perbukitan di sekitar lokasi Pantai Punagaang.

 

Aktivitas wisata bahari pun dapat dilakukan pengunjung di sepanjang Pantai Punagaang mulai dari menyelam, snorkeling, diving, memancing hingga bepetualang dengan menggunakan perahu tradisional, fasilitas perahu karet, dan bebek-bebek yang kesemuanya telah dipersiapkan pengelola kawasan wisata.

Foto : Kejernihan Air Di Pantai Punagaang

Menurut berita yang beredar di masyarakat Selayar, sarana pendukung lain seperti bungalow dan fasilitas villa akan dibangun oleh pihak pengelola untuk memberikan kenyamanan berkunjung bagi wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

 

Di pantai ini, pengunjung dapat bermain dan bercengkrama dengan berbagai jenis species ikan laut sambil menyelam apalagi ketika mengingat kondisi perairan laut di sekitar pantai Punagaang yang belum pernah tersentuh dan terjamah oleh tangan-tangan jahil nelayan tak kenal ramah lingkungan.

 

Pantai punagaang yang tak pernah tersentuh bom ikan membuat species ikan bebas bermain di sekitar bibir pantai. Bahkan pantai ini tak jarang menjadi tempat bermain bagi species ikan hiu dan lumba-lumba. Sebab hal tersebut terjadilah kepadatan pengunjung yang terkadang mencapai puncaknya pada hari Minggu dan hari-hari libur lainnya. Dan akhirnya, pengelola dibuat kewalahan menerima tamu yang datang untuk sekedar berekreasi atau menghabiskan hari libur bersama keluarga tercinta.

 

Penulis : Nurfika Ariapatri

Editor : Red-WS