by

Pesawat Terganggu Laser Saat Hendak Mendarat Di Makassar

WARTASULSEL.NET, – Ada beberapa pesawat komersial dari sejumlah daerah yang hendak transit dan mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar diteror mainan laser, Selasa (4/7/2017) malam lalu.

 

Dikabarkan pesawat yang diteror mainan laser yakni maskapai Lion Air 740 dari Surabaya, Citilink 612 dari Surabaya, Sriwijaya 726 dari Bali, Lion Air 640 dari Yogyakarta, Batik Air 6231 dari Palu, Batik Air 6183 dari Jayapura, dan Garuda 620 dari Jakarta.

 

Data yang dilansir Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) dan media kompas, ketujuh pesawat ini mendapat teror antara pukul 18.00 sampai pukul 21.00 Wita. Pilot 7 pesawat tersebut kemudian melaporkan penyalahgunaan laser yang sangat membahayakan penerbangan tersebut.

 

General Manager MATSC Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), Novy Pantaryanto jelaskan bahwa Serangan laser diperkirakan berjarak 9 KM dari landasan pacu yang diduga berasal dari Kabupaten Gowa.

 

“Penambahan jumlah penerbangan di Makassar semakin banyak, mari kita sama-sama menjaga keselamatan penerbangan di Kota Makassar ini untuk kebaikan kita semua,” imbau Yuyun. Teror laser ke pesawat yang hendak mendarat ini, sambung Yuyun, mengalami peningkatan pada tahun ini. Apalagi selama Ramadhan dan setelah Lebaran, serangan laser ke pesawat semakin banyak.

 

Sinar mainan laser tersebut dapat membuat temporary blind pada mata pilot. Jika itu terjadi, akan membahayakan penerbangan di Makassar. Nah, dapat kita bayangkan betapa berbahaya penyalahgunaan sinar laser ini di dunia penerbangan. Kami harap masyarakat sekitar kota Makassar turut serta menjaga keselamatan penerbangan,” tegaasnya.

 

Editor : Redaksi WS