by

Pesan 10 Syawal 1438.H : “Ingin Bersedekah”

WARTASULSEL.NET, – Saat akhir kehidupan telah tiba, ada manusia yang memohon kepada Allah agar diberi waktu tambahan umur sedikit. Mereka ingin bersedekah dan menjadi orang yang saleh. Sayang sekali Allah sudah menetapkan bahwa kematian tidak akan tertunda sedikitpun kalau sdh sampai waktunya.

 

Salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya yang diulang-ulangi dalam kitab-Nya adalah menginfakkan sebagian dari rezeki yang diberikan Allah. Ciri orang beriman dan bertakwa adalah suka memberi atau suka berbagi.

Sebaliknya, mereka yang lemah imannya adalah mereka yang sangat takut memberi. Mereka takut akan kehilangan harta benda mereka. Kalau toh mereka memberi, hanya sebagian kecil saja. Apa adanya. Mereka pelit untuk bersedekah kepada orang miskin, atau membantu anak yatim dan orang yang membutuhkan bantuannya.

 

Allah berjanji akan menyediakan balasan yang besar bagi setiap pemberian hamba-Nya yang dilakukan dengan dasar iman. Bukan utk pamer, riya’, atau ada sesuatu dibalik itu. Sebagian orang memberi dengan niat kembali.

 

Kadang ada orang yang kecewa, karena saat dia mendapat amplop balik dari koleganya yang nilainya lebih rendah dari apa yang dia berikan dahulu. Memberi seperti ini tentu tidak akan memperoleh  ganjaran yang besar dari Allah.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Rabbi laulaa akhkhartanii ilaa ajalin qariib, fa ashshaddaqa wa akum minashshaalihiin (Al-Munafiquun 63:10). Artinya: (dia berkata) “Wahai Tuhanku sekiranya Engkau berkenan menunda (kematianku) sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang saleh.”

 

BERSEDEKALAH DENGAN IKHLAS SEBELUM KEMATIAN MENGHAMPIRI KITA.

 

Penulis : Prof.Veni H

Editor : Red ws