by

Renungan 24 Ramadhan 1438 H : “Keajaiban Ramadhan”

WARTASULSEL.NET, – Apa saja keajaiban yang ada di bulan mulia Ramadhan? Salah satunya adalah terkabulnya doa bagi mereka yang berdoa dan yakin akan doanya diterima.(19/6/2017)

 

Ayat tentang pengabulan doa ini terletak di tengah-tengah ayat perintah berpuasa di bulan Ramadhan. Maka doa mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan dijamin Allah akan dikabulkan sepanjang memenuhi syarat (Al-Baqarah 2:186).

 

Dikisahkan ada seorang ibu berdoa di bulan Ramadhan agar diberikan rumah yang ada sungai di depannya. Doa ini oleh suami dan anaknya dianggap sesuatu yang mustahil. Namun ibu ini tetap yakin dengan doanya.

 

Beberapa waktu kemudian suaminya bertemu dengan seseorang di jalan dan orang itu menawarkan sebuah rumah kepadanya. Ada niat orang itu bahwa siapa yang ditemuinya pertama kali di jalan akan diberikan rumahnya.

 

Tidak percaya, tapi itu yang terjadi. Namun, ternyata rumah itu tdk ada sungai di depannya. Saat dikonsultasikan ke seorang Syech, ternyata di depan rumah itu ada mesjid. Syech itu mengatakan mesjid itu seperti sungai, karena menurut hadist orang berwudhu setiap ke mesjid sama seperti orang yang mandi di sungai 5 kali dalam sehari.

 

Allah akan mengijabah doa orang beriman dan taat kepada perintahnya. Doa adalah senjata bagi orang beriman. Di bulan mulia Ramadhan ini Allah memberikan banyak keutamaan kepada hamba yang sangat dicintai-Nya seperti dikabulkannya doa yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: wa idzaa saalaka ‘Ibaadi ‘annii fainniI qariib. Ujiibu da’watad daa’i idza da’aan. Falyastajiibuulii walyu’minuubii, la’allahum yarsyuduun. (QS Al-Baqarah 2:186). Artinya: Jika ada hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka sungguh aku dekat. Aku mengabulkan doa bila dia berdoa kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku, dan beriman kepada-Ku,  agar mereka memperoleh kebenaran.

 

BERDOALAH DI BULAN RAMADHAN INI DAN NANTIKAN SUATU KEAJAIBAN TERJADI.

 

(PROF.VENI.H/Red ws)