by

Renungan Ramadhan : “Puasa Dan Kanker”

WARTASULSEL.NET, – Tidak satu pun manusia menghendaki akan menderita kanker dalam hidupnya. Penyakit yang mematikan ini terus memangsa korbannya. Tidak memandang pejabat, pengusaha, selebritis, atau rakyat biasa, pria, wanita, anak, remaja, orang tua. Penyakit ini sepertinya tidak terkalahkan oleh berbagai kemajuan sains dan teknologi saat ini.

Pendekatan alami atau sering disebut pengobatan timur saat ini telah terbukti memberi banyak harapan. Pengaturan diet yang menghindari bahan tambahan makanan yang berpotensi toksik memberi dampak positif. Ada istilah melaparkan sel-sel kanker shgga secara perlahan sel-sel kanker  mengecil dan menghilang (apoptosis).

Pendekatan spritual yang mendatangkan ketenangan jiwa, kekuatan mental, pikiran-pikiran positif, menyadarkan ketidakberdayaan manusia, dan menambah kenikmatan beribadah, memperlihatkan hasil yang luar biasa.

Ternyata, hasil penelitian memperlihatkan bahwa banyak pasien kanker meninggal bukan karena kanker yang dideritanya tapi karena stres, kecewa, takut, marah, benci, menyalahkan manusia dan Tuhan, dan penyakit kejiwaan lainnya.

Puasa mendatangkan ketenangan jiwa, mengajarkan kita akan ketergantungan diri kita kepada Allah semata. Puasa mendidik kita utk menahan godaan agar tidak mengkonsumsi makanan yang beresiko khususnya makanan buatan pabrik atau menggunakan bahan tambahan yang berbahaya.

Puasa mengajarkan kita hidup sederhana, banyak bersedekah, berempati kepada orang yang berada di bawah kita, membantu orang lain, dan berbagai kebaikan lainnya. Puasa sangat efektif membentuk dirii kita bersih fisik, jiwa, dan pikiran.

Maha Benar Allah dengan firmannya: Fii quluubihim maradhun fadzaadahumullaahu maradhaa walahum adzaabun aliimum bimaa kaanu yakdzibuun (QS Al-Baqarah 2:10). Artinya: Dalam hati mereka ada penyakit lalu Allah menambah penyakitnya itu  dan mereka mendapat azab yang pedih karena mereka berdusta.

YAKINLAH BAHWA PUASA YANG MENENANGKAN JIWA ADALAH OBAT UNTUK PENYAKITMU

(Prof.Veni.H/Red ws)