by

Gubernur Sulsel Berpesan Generasi Muda Agar Jaga Pancasila

WARTASULSEL.NET, – Di perayaan Hari Pancasila yang jatuh pada hari ini, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya generasi muda untuk turut menjaga ideologi Pancasila di Negara kita Indonesia.(2/6/2017)

Generasi muda juga perlu memproteksi diri karena amat rentan atas pengaruh paham maupun ideologi asing yang sekarang bebas masuk melalui dunia digital. Karena Pemuda salah satu ujung tombak sebuah negara. Dan di era digital, banyak-bangsa yang gamang atas azas dan ideologi kebangsaannya

Indonesia didirikan atas nama keragaman dan Pancasila hadir sebagai payung bangsa atas berbagai suku, agama, dan golongan, terang Syahrul YL

Ditambahkan pula bahwa kekhawatirannya terkait banyaknya ‘sampah digital’ terkait doktrin berbagai ideologi asing yang dengan mudah diperoleh di dunia maya. Dan jika tak bisa dibendung, maka kelak akan mendeklarasikan diri untuk menggeser Pancasila.

Maka meski berbeda pandangan, tapi harus tetap bersatu dalam kesatuan, seperti ideologi Pancasila, tutur dia. Pemahaman tentang ideologi Pancasila akan membuat masyarakat bisa memahami keragaman.

Kearifan lokal di Sulsel yang berkonsep ‘Siri Na Pacce’ misalnya yang tercermin dalam semangat Pancasila. Konsep ‘Siri Na Pacce’ merupakan filosofi hidup masyarakat Sulsel yang berarti menjaga harga diri serta kokoh dalam pendirian. Maka Pancasila itu sudah final dan harga mati. Tidak boleh ada polarisasi, Tegas SYL. (red ws)