by

Acara Adat “Gaukang Accera Kalompoang “Sesi Bulo Ajjappa” Di Balla Lompoa Jipang-Gowa

WARTASULSEL.NET, – Acara adat “Gaukang Accera Kalompoang” yang digelar hari ini di Rumah Adat “Balla Lompoa” Desa Jipang Kabupaten Gowa. Ratusan warga saksikan gelaran adat ini setiap tahunnya.(18/5/2017)

Bertempat di Dusun Soreang Desa Jipang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa yang tepatnya di depan Rumah Adat “Balla Lompoa Jipang”. Bunyi gendang dan suara alat tiup ditambah sesekali teriakan warga membahana di lokasi itu.

 

Teriakan warga semakin menambah kesakralan dan menurut penuturan salah satu penonton yang berasal dari Takalar menuturkan bulu kudunya berdiri dengar teriakan yang sakral itu saat “Bambu Gila” bambu yang dipercaya warga memiliki nuansa mistik didalamnya.

Kali ini ada empat bambu gila yang dikeluarkan dengan panjang 7 meter kemudian diarak keliling kampung oleh warga sesuai keinginan “Bambu Gila” itu inginkan. Setelah keliling ka

Foto: Suasana prosesi arakan Keliling Kampung

mpung dan selanjutnya mengelilingi rumah adat sambil pelan-pelan nuansa mistik yang berada di bambu tersebut dihilangkan.

Kegiatan ini juga dilakukan dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas rejeki yang diperoleh dengan mengorbankan satu ekor kerbau. Sementara warga yang datang menonton ada yang berkeinginan akan sesuatu dan berniat akan adakan pesta jika terkabul. Acara adat ini warga luar Gowa juga datang saksikan acara adat tahunan ini. (Asf-red ws)