by

Ketua Dan Sekjen FPG Pusat, Hadiri Acara “Gaukang Karaeng Galesong”

Foto : Tampak Ketua FPG Pusat (Baju Biru), dengan Sekjen FPG Pusat (Jas Kuning).

 

WARTASULSEL.NET, – “Gaukang Karaeng Galesong” yang 256 kemarin 27/4, dihadiri oleh Para Raja Nusantara dan tamu-tamu dari tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, kemeriahan hari ulang tahun ini bertambah dengan hadirnya kesenian pencak silat di Rumah Adat Karaeng Galesong (Balla Lompoa) di Desa Galesong Baru Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.(28/4/2017)

Acara “Gaukang Karaeng Galesong” semakin lengkap dengan hadirnya Raja Laikang, Raja Parigi, dan Raja Sanrobone. Acara semakin meriah dengan hadirnya Ganrang Pakanjara’, Pencak Silat Tabbala’ Tubaranina Galesong, serta tari-tarian yang diperankan oleh Putra-Putri terbaik Galesong.

Kegiatan yang rutin di lakukan oleh keturunan Karaeng Galesong ini yang dinamakan dengan “Gaukang Karaeng Galesong” yang Ke-256. Setiap tahun dilaksanakan di Rumah Adat Karaeng Galesong bernama “Balla Lompoa Galesong”.

Teriakan disertai tepuk tangan yang meriah warnai perayaan tahunan Karaeng Galesong ini, saat Sekretaris Jenderal FPG Pusat Jamaluddin,S.Ag memimpin Do’a karena dalam permulaan Do’anya mengatakan kebahagiaan ini ada 2 (dua) yang harus kita Syukuri bersama, bahwa pertama di acara “Gaukang Karaeng Galesong” sebagai momentum Silaturahim dalam menjaga kebersamaan dan yang kedua adalah Rasa Kesyukuran kita karena salah seorang Putra Terbaik Asal Galesong H. Syamsari Kitta yang berpasangan dengan H. Achmad Dg. Se’re, telah menyempurnakan kemenangannya oleh amar putusan MK (Mahkamah Konstitusi) dengan menolak gugatan pasangan lain.

Disaat yang sama hadir dalam kegiatan “Gaukang Karaeng Galesong Ke-256”, Ketua Umum FPG Pusat Husain Karaeng Maro yang juga merupakan Keturunan Karaeng Galesong semakin menguatkan program kerja yang akan dilakukan oleh FPG kedepan dengan melestarikan budaya, adat dan istiadat Karaeng Galesong salah satunya mendirikan “Sekolah Adat Karaeng Galesong” pertama di Indonesia. (red ws)