by

Ada 5 Kebiasaan Yang Bisa Rusak Gigi, Ini Ulasannya

Wartasulsel.net, Kesehatan – Penyebab masalah kerusakan gigi ternyata bisa juga terjadi akibat kebiasaan yang diterapkan pada gigi. Berikut beberapa kebiasaan kecil yang harus dihindari karena dapat merusak gigi Anda. Ulasan dibawah ini diantaranya ; Mengunyah Es, Mengisap lemon, Menggigit Kuku, Konsumsi soft drink berlebihan, Gigi sebagai alat. Ini ulasannya masing-masing :

Mengunyah es
Suhu yang dingin dan tekstur keras dari es batu dapat menyebabkan gigi menjadi patah. Bahkan dapat merusak enamel gigi. Untuk itu, sangat tidak dianjurkan jika Anda menghancurkan atau mengunyah es batu dengan gigi Anda.

Mengisap lemon
Jika sering dilakukan, menghisap lemon dengan mulut dalam jangka waktu yang lama dapat merusak gigi. Asam sitrat pada lemon bisa meluluhkan mineral penting pada gigi dan mengikis permukaan luar gigi Anda. Hal inilah yang kerap menjadikan gigi Anda menjadi sensitif terhadap minuman dingin.

Mengigit kuku
Mengigit kuku juga dapat menyebabkan gigi depan Anda menjadi rusak dan retak. Kebiasaan ini juga memberikan kesempatan pada kuman dan bakteri yang ada pada kuku masuk ke dalam mulut dan menyebabkan infeksi gusi.

Konsumsi soft drink berlebihan
Ini adalah minuman yang berkontribusi besar merusak gigi. Kandungan gula yang sangat buruk untuk gigi, ditambah dengan asam yang terdapat di dalam soft drink juga dapat membuat gigi berlubang.

Gigi sebagai alat
Menjadikan gigi sebagai alat, seperti membuka botol, kemasan camilan, atau memotong sesuatu lainnya adalah sebuah kesalahan besar. Hal ini dapat memiliki efek traumatis pada gigi yang menyebabkan tepi gigi melemah dan menyebabkan maloklusi atau pertautan gigi pada rahang atas dan bawah tidak pas.
(red ws/Warta Kesehatan)