by

Hate Speach  Dan Hoax Merajalela Inilah Solusinya

Foto : Tampak Suasana Seminar Internasional Di Auditorium UIN Samata Gowa.(foto iqbal)

Wartasulsel.net, – Fenomena banyaknya berita hoax dan ujaran kebencian ( hate speach) di media sosial menjadi bahan pembicaraan dalam seminar Internasional. Yang bertempat di Auditorium kampus 2 samata  Universitas islam negeri alauddin makassar. (11/4/2017).

 

Tema kegiatan ini adalah “FENOMENA HOAX dan HATE SPEECH peran dan tanggung jawab ulama”. Dalam seminar tersebut di jelaskan bahwa fenomena maraknya berita hoax dikalangan masyarakat serta ujaran kebencian menimbulkan keresahan dan hilangnya kerukunan antar sesama masyarakat.

 

Khususnya dalam berkomunikasi dalam media sosial. Dalam seminar ini pula dijelasakn bahwa Ulama sebagai pemimpin agama tidak boleh lepas tanggung jawabnya terhadap umat dengan memberikan pemahaman dan mengenali berita hoax terkhusus pada hal hal yang mempengaruhi renggannya hidup bertoleransi antar umat beragama.

 

Dalam seminar ini hadir sebagai pembicara adalah Prof. Dr. Hasan Zamani (ulama internasional asal iran) prof. Dr. H. Azhar arsyad, M.A, Ir. Hj. Andi Majdah.M.Zai, M. Si(Rektor UIM),  dan sebagai keynote speaker Prof. Dr. H. Musafir M.si.

 

Para pembicara tersebut mengajak elemen Akademisi dan Mahasiswa untuk tidak menyebarkan berita hoax dan mengucapkan ujaran kebencian kepada sesama.

 

Acara ini diselenggarakan oleh  kerjasama antara jurusan komunikasi dan penyiaran islam Fakultas Dakwah dan komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Dan Islamic Cultural Center (ICC)