by

Inilah Salah Satu Potret Pesisir Pantai Galesong Di Musim Hujan

Wartasulsel.net, – Pesisir pantai Galesong (tiga kecamatan yakni Kecamatan Galesong, Galesong Utara dan Galesong Selatan) merupakan daerah yang memiliki pesisir pantai yang pada musim hujan hempasan ombak yang bervariasi sebabkan abrasi dibeberapa tempat di pesisir Galesong. (4/4/2017).

 

Sepanjang pesisir pantai Galesong setiap tahunnya terjadi abrasi yang menyebabkan warga ada yang memilih pindah tempat tinggal atau pindahkan rumahnya yang dominan rumah jenia panggung.

 

Pesisir pantai Galesong sebahagian sudah di pasang tanggul pemecah ombak dan sebahagiannya lagi warga masih harus berjuang untuk membendung hantaman ombak dikarenakan bagian belakang rumahnya pas berada dibibir pantai.

 

Warga pesisir Galesong pun lakukan langkah praktis untuk menghadang hempasan ombak yang keras apabila musim hujan tiba yang disertai angin kencang. Dan beberapa wargapun mensiasatinya dengan memasang batang pohon gamal dan batang pohon lainnya.

 

Melihat fenomena alam di sepanjang pesisir Galesong inilah menjadi salah satu potret terjadinya pengikisan daratan di pesisir pantai Galesong.

 

Warga yang dimintai keterangan Dg. Nai mengatakan bahwa kondisi pesisir pantai ini perlu perhatian pemerintah kedepan apalagi akan diadakan penambangan pasir laut ini akan semakin menambah penderitaan masyarakat pesisir Galesong. Tegasnya ke awak media.(redws).