Menkonsumsi Terong Bantu Jaga Sistem Pencernaan, Ini Ulasannya

Kesehatan219 views

Wartasulsel.net, – Sayuran satu ini sering kali dikonsumsi dalam bentuk masakan yang dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Banyak jenis terong yang dijual dipasaran, harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan bahan makanan alami lainnya. Terong beragam jenisnya, seperti terong ungu, terong belanda, terong bulat dan jenis terong lainnya.

 

Daeng Manye

Berbicara mengenai berbagai keunggulan yang dimiliki terong, masih banyak yang harus kita ketahui lebih jauh dari manfaat yang dimiliki terong. Sayuran satu ini ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh kita bahkan dapat mengatasi masalah yang bersifat kronis sekali pun. Berikut manfaat yang dimiliki terong dikutip dari Boldsky :

 

1. Melindungi otak (memori)

Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.

 

2. Menjaga sistem pencernaan

Terong memiliki kandungan serat yang baik, dengan demikian jika dikonsumsi secara rutin terong dapat memeberikan manfaat dan efek yang baik pula bagi kesehatan organ pencernaan kita. Hal ini juga dapat mencegah sembelit  dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.

 

3. Menyehatkan dan mencegah penyakit jantung

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah, dengan demikian resikopenyakit jantung pun sangat kecil. Selain itu, tubuh akan terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Maka dari itu, dapat dipastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.

 

4. Menurunkan berat badan

Kandungan kadar air yang dimiliki terong sangatlah tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan.

 

5. Kesehatan kulit

Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu serta menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu kadnungan mineral dan vitamin yang dimiliki oleh terong  juga dapat membantu memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit, agar kulit sehat secara alami.

 

6. Menurunkan kadar gula

Terong memiliki kandungan yang kaya akan serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes.

 

7. Baik untuk ibu hamil

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya bahwa terdapat opini yang melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi terong, karena dianggap tidak baik untuk kesehatan dirinya serta janin yang dikandung. Akan tetapi hal ini dapat dibuktikan dengan kandungan yang dimiliki oleh terong, yaitu kandungan folat yang  membuat sayuran ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak pada janin.

 

(Red ws/wartakesehatan)