by

UKM Perlu Miliki Bisnis Plan, Dalam Pelatihan Kewirausahaan Di Makassar

Wartasulsel.net, – Kegiatan Pelatihan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Pemuda Desa/ Pemula dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan menghadirkan narasumber Ketua Asosiasi AKUMANDIRI Provinsi Sulawesi Selatan Bachtiar Baso di Aerotel Smile Hotel Makassar dilaksanakan dari tanggal 21-23 maret 2017.

 

Saat ini banyak pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) di Sulawesi Selatan yang tidak memiliki bisnis plan yang tertulis sebagai alat kontrol untuk dapat mengetahui pencapaian target secara periodik, ungkap Bahtiar Baso.

 

Ditambahkan lagi bahwa sumber daya pelaku UKM harus terus dikembangkan khususnya berhubungan dengan kemampuan mendokumentasikan perjalanan usaha baik melalui dokumen visual maupun dokumen tertulis sehingga para pelaku UKM punya alat kontrol dalam menjalankan roda usahanya sehingga terukur dan terarah, tambahnya lagi.

 

Kegiatan pelatihan ini juga menghadirkan beberapa narasumber lainnya yang berasal dari praktisi, akademisi dan lainnya. diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing para pelaku UKM di Sulawesi selatan sehingga dapat terus berkembang.

 

Jadi dipertegas lagi oleh Bahtiar Baso Ketua Asosiasi Akumandiri Sulsel bahwa banyak UKM yang tidak punya bisnis plan maka itu perlu dimiliki agar usaha terarah dan terukur.

 

(Red WS)