by

Besok Operasi Simpatik Dimulai, Inilah Yang Jadi Incaran Polisi

Wartasulsel.net, – Besok Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menggelar operasi Simpatik di Berbagai titik di Sulawesi Selatan. Dilansir dari media tribunnes.com, melalui Korps Lalu Lintas bahwa akan melakukan operasi di seluruh wilayah Indonesia selama 21 hari lamanya dimulai besok 1 maret 2017. (28/2/2017)

 
Kepala Bidang Penegakan Hukum Korlantas Polri, Kombes Pol Chrysnanda Dwi laksana menjelaskan bahwa operasi ini pada dasarnya bertujuan untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara, tegasnya

 
Kegiatan dilakukan sebagai edukasi kemitraan membangun keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas secara terpadu dan berbagai kegiatan kampanye keselamatan pada semua lini, terangnya lagi.

 
Seperangkat kelengkapan kendaraan akan menjadi perhatian dalam operasi ini, baik itu spion, knalpot, ban, dan spesifikasi teknis lainnya. Dan yanng pastinya kelengkapan surat dan dokumen kendaraan serta Surat Ijin Mengemudi (SIM). Bagi yang tidak memiliki surat maupun kelengkapan maka akan dikenakan sanksi tilang.

 
Pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan dan terjaring oleh razia operasi simpatik, maka akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

 
Jadi pada tahun ini operasi simpatik berbeda dengan tahun sebelumnya yakni juga bertujuan agar masyarakat lebih simpatik kepada polisi. Namun ada catatan bahwa polisi boleh melakukan proses tilang tapi tidak dalam operasi simpatik. Pasalnya kata Benyamin bahwa Operasi Simpatik ini bukan lagi razia.
(red/kml)